Belum Ada Seleksi, Saat Ini Sejumlah Jabatan Eselon 2 Masih Kosong

Kantor Sekretariat Terpadu Pemkab Sukoharjo “Menara Wijaya”. (Ilustrasi)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Sejumlah posisi jabatan eselon 2 masih dibiarkan kosong dan diisi oleh pelaksana tugas (plt). Selain pejabat eselon 2, sejumlah jabatan eselon 3 diketahui juga masih kosong. Bupati Sukoharjo, Etik Suryani berencana menggelar seleksi untuk posisi jabatan eselon 2 yang kosong tersebut.



“Untuk sementara yang kosong diisi pelaksana tugas. nanti segera kami isi posisi-posisi yang tengah kosong, apalagi sebentar lagi ada beberapa kepala dinas yang pensiun,” ungkap Bupati, Minggu (11/4/2021).

Seperti diketahui, jabatan eselon 2 yang kosong antara lain Jabatan kosong itu di antaranya Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelbangda), Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Dinas Pangan, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Dinas Perhubungan (Dishub), serta Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo).

Untuk eselon 3 antara lain Camat Polokarto dan Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda. Sedangkan bulan ini diketahui ada dua pejabat yang akan pensiun, yakni Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan serta Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM.

Saat ini, sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terpaksa rangkat jabatan karena mengisi plt di OPD yang kosong. Kekosongan posisi tersebut karena yang bersangkutan sudah pensiun. Nantinya, pengisian jabatan eselon 2 akan dilakukan melalui proses seleksi independen. Bupati mengaku akan menggelar seleksi setelah proses seleksi sekda selesai.

Sedangkan Wakil Bupati (Wabup) Sukoharjo, Agus Santosa menyampaikan, untuk mengisi jabatan eselon 2 diharuskan melalui seleksi terbuka. Sedangkan pengisian eselon 3 bisa dilakukan dengan promosi pejabat. “Pemkab akan menggelar mutasi maupun promosi untuk mengisi jabatan yang kosong sekaligus penyegaran di internal pemerintah,” ujar Agus. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *