Ragam  

Belum Ada Rujukan dari Puskesmas, Rumah Sehat Corona Masih Kosong

Rumah Sehat Corona di Kelurahan Mandan, Sukoharjo untuk karantina kasus positif tanpa gejala.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Rumah Sehat Corona (RSC) hingga saat ini masih kosong. Belum ada pasien positif corona tanpa gejala yang diisolasi di RSC. RSC yang menempati Barak Dalmas Polres Sukoharjo ada di Kelurahan Mandan, Sukoharjo. Kosongnya RSC dikarenakan belum ada Puskesmas yang merujuk pasien positif corona tanpa gejala untuk menjalani isolasi.



Saat ini, kasus positif corona aktif sebanyak 64 kasus dan didominasi positif tanpa gejala. Dari 64 kasus positif aktif, positif tanpa gejala ada 50 orang dan positif dengan gejala sebanyak 14 orang. Untuk 50 kasus positif tanpa gejala tersebut, semuanya menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

RSC sendiri sudah kosong sejak 3 Agustus lalu sehingga sudah 28 hari belum ada pemghuninya. Meski kosong, status RSC tetap dioperasikan. Untuk penghuni sendiri khusus kasus positif corona tanpa gejala dan tidak memungkinkan menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Jika ada kasus tersebut, barulah dipindahkan ke RSC.

“Saat ini kosong karena memang tidak ada rujukan dari Puskesmas. Artinya, kasus positif tanpa gejala yang ada mampu melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing,” jelas Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, Minggy (30/8/2020).

Terkait RSC tersebut, Yunia mengaku beberapa waktu lalu sudah melayangkan surat ke Polres untuk perpanjangan masa pinjam Barak Dalmas. Selain 63 positif tanpa gejala (asimptomatik), 22 kasus lainnya merupakan kasus positif dengan gejala (simptomatik) dan menjalani rawat inap di rumah sakit. Saat ini, secara akumulasi kasus positif di Sukoharjo sudah mencapai 356 orang dimana 259 diantaranya sudah sembuh dan 12 orang lainnya meninggal.

Sesuai data website www.corona.sukoharjokab.go.id, sebaran 64 kasus positif corona yang masih ada atau aktif tersebar di 10 kecamatan. Masing-masing Kecamatan Grogol tiga orang, Kecamatan Kartasura 23 orang, Tawangsari delapan orang, Nguter delapan orang, Bendosari tiga orang, Baki tiga orang, Mojolaban satu orang, Polokarto empat orang, Gatak lima orang, dan Kecamatan Weru lima orang. Untuk Kecamatan Bulu dan Sukoharjo, saat ini sudah terbebas dari kasus positif corona. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *