Begitu Proyek Pelebaran Jalan Selesai, Trafficlight Simpang Kadilangu Segera Difungsikan

Proyek pelebaran dan peningkatan jalan di kawasan simpang tiga Kadilangu, Baki. (Dok).

Sukoharjonews.com (Baki) – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) tengah mengerjalan proyek pelabaran dan peningkatan jalan di simpang tiga Kadilangu, Baki. Proyek tersebut ditargetkan selesai bulan Desember mendatang. Proyek tersebut dikerjakan sebagai antisipasi kemacetan di kawasan tersebut. Nantinya, begitu proyek selesai, lampu pengatur arus lalu lintas atau “trafficklight” akan difungsikan.



“Lampu pengatur arus lalin sudah terpasang sejak beberapa tahun lalu namun belum difungsikan karena kondisi jalan belum memungkinkan,” jelas Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, Toni Sri Buntoro, Kamis (12/11/2020).

Dikatakan Toni, begitu proyek jalan selesai, Dishub akan melakukan penataan ulang lalu lintas kendaraan di simpang tiga Kadilangu, Baki. Penataan tersebut meliputi pengaktifan “trafficlight”, penambahan lajur kendaraan dan pembangunan ulang pos pantau. Diharapkan, setelah penataan ulang lalu lintas dilakukan, masalah kemacetan yang terjadi saat jam sibuk bisa terurai.

Menurutnya, di simpang tiga Kadilangu, Baki sebenarnya sudah terpasang “trafficlight” sejak tahun 2017 namun belum pernah diaktifkan. Lampu hanya dinyalakan pada warna kuning agar masyarakat berhati-hati. Jika difungsikan secara penuh, dikhawatirkan justru menambah kemacetan di lokasi tersebut karena jalan cukup sempit.

Toni juga mengatakan, untuk pos pantau yang sudah ada selama ini akan dibangun ulang karena bangunan lama dibongkar untuk proyek pelebaran dan peningkatan jalan.

Terpisah, Kepala DPUPR Sukoharjo, Bowo Sutopo Dwi Atmojo mengatakan, proyek sempat tertunda dua tahun karena mengalami gagal lelang. Proyek yang dikerjakan, selain pelebaran dan peningkatan jalan, juga termasuk saluran air yang ada di sisi utara jalan. Proyek itu sendiri dianggarkan sekitar Rp2 miliar. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed