Beginilah Makna Adzan dari Imam Al Ghazali

Makna adzan menurut Imam Al Ghazali.(Foto: arahmuslim)

Sukoharjonews.com – Adzan adalah seruan untuk memanggil umat Islam melaksanaka salat. Dalam Kamus Besar Bahsa Indonesia azan diartikan sebagai seruan untuk mengajak orang melakukan salat. Dari pengertian ini bisa diketahui secara umum bahwasannya adzan memang panggilan yang dikumandangkan untuk umat melaksanakan salat.


Dikutip dari Bincang Syariah, pada Kamis (5/9/2024), Imam Al Ghazali dalam karyanya Sulwanul Arifin Juz, 1, halaman 201 menafsirkan atau menjelaskan tentang arti kalimat yang terkandung dalam kalimat adzan. Dan seyogyanya kita sebagai umat Islam mengerti atau mengetahui makna yang terkandung dalam kalimat adzan. Imam Al-Ghazali menegaskan:

ينبغي ان يعرف تفسير الاذان ومعناه، فإن كل كلمة منها ظهر وبطن

Artinya: “Seyogyanya seseorang mengetahui tentang tafsir dari adzan beserta maknanya, karena setiap kalimat dalam adzan tersebut mengandung makna zahir dan makna batin”.

Menurut penuturan Imam Al-Ghazali arti dari kalimat, Allahu Akbar Allahu Akbar mempunyai arti Allah maha agung dan maha besar. Dan mempunyai arti kita diwajibkan untuk mengagungkan Allah, dan kita diwajibkan untuk merepotkan diri untuk menuntut ilmu, karena dengan ilmu kita dapat mengetahui sifat-sifat keagungan Allah.


Kalimat, Asyhadu Alla Ilaaha Illallaah mempunyai arti Allah maha satu tampa sekutu, dan Allah memerintahkan agar hambanya taat atas perintahnya. Oleh karena itu, kita wajib taat kepada perintah Allah. Dan mempunyai arti seseorang tidak akan selamat dan tidak akan celaka kecuali dengan kehendak Allah.

Kalimat, Asyhadu Anna Muhammadar Rasulullah mempunyai arti bahwa Allah telah mengutus Nabi Muhammad untuk menyampaikan risalahnya, percayalah dan benarkanlah apa yang datang dari Nabi Muhammad. Dan juga mempunyai arti kita diperintahkan untuk mendirikan shalat berjamaah.

Sedangkan kalimat, Hayya Alas Shalah mempunyai arti segera tunaikan shalat, dan mempunyai arti tunaikan shalat tepat pada waktunya jangan sampai mengakhiri waktu shalat. Hayya Alal Falah mempunyai arti segera sambut kemenangan dan keberuntungan, dan juga mempunyai arti Allah menjadikan shalat sebagai sebab atau jalan untuk menuju keberuntungan dan keberhasilan. Oleh karena itu, kita jangan sampai melalaikan shalat.


Terakhir Allahu Akbar Allahu Akbar mempunyai arti Allah maha mulia dan maha mengetahui, dan pengetahuan Allah meliputi segalanya. Sedangkan kalimat, Lailaha Illallahu mempunyai arti Allah maha esa dan juga mempunyai arti kita harus ikhlas (karena Allah) dalam menunaikan shalat. Wallahu a’lam bissawab.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *