Beberapa Resep Masker Wajah Alami untuk Menjaga Kulit Tetap Terhidrasi

Resep masker wajah alami. (Foto: Pinterest)

Sukoharjonews.com – Cuaca yang saat ini masih berubah-ubah memberikan efek yang lumayan merugikan pada kulit wajah, dampak dari cuaca ini dapat membuat kulit menjadi kusam dan kering terutama yang memiliki tipe wajah yang memang sudah kering. Hidrasi adalah kunci kulit bercahaya selama musim ini berlangsung.

Meskipun produk perawatan kulit yang dibeli di toko tersedia, cobalah masker wajah yang bisa dibuat di rumah dan terbuat dari bahan-bahan alami seperti madu, oatmeal, dan yogurt untuk mengembalikan kelembapan dan meremajakan kulit. Dilansir dari Health Shots, Rabu (10/1/2024) Berikut enam masker wajah yang bisa dibuat di rumah dan bisa menutrisi untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan bersinar:

1. Masker Alpukat dan Madu
Keduanya merupakan bahan hydrating yang efektif mengatasi kulit kering. Alpukat menyediakan asam lemak esensial, sementara madu bertindak sebagai humektan, yang dikenal dapat menarik kelembapan pada kulit dan menjaganya tetap ternutrisi.

Bahan: 1 buah alpukat matang, 1 sendok makan madu.

Cara menyiapkannya: Hancurkan alpukat dan campurkan dengan madu. Oleskan masker, biarkan selama 15-20 menit, dan bilas. Alpukat kaya akan lemak sehat, vitamin, dan antioksidan, sementara madu menambahkan sifat humektan alami, sehingga mengunci kelembapan.

2. Masker Yogurt dan Oatmeal
Yogurt mengandung asam laktat, yang memberikan pengelupasan kulit lembut, dan oatmeal menenangkan kulit yang teriritasi dan sensitif. Kedua bahan ini bersama-sama mencegah kekeringan dalam cuaca dingin dan membuat kulit bercahaya.

Bahan: 2 sendok makan yogurt tawar, 1 sendok makan oatmeal.

Cara menyiapkannya: Campurkan yogurt dan oatmeal hingga membentuk pasta. Pijat lembut wajah Anda dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas. Yogurt mengandung probiotik untuk kesehatan kulit, dan oatmeal menenangkan dan menghidrasi, menjadikan masker ini cocok untuk kulit sensitif.

3. Masker Santan dan Pisang
Meskipun pisang kaya akan vitamin dan antioksidan, minyak kelapa kaya akan sifat menghidrasi. Makanya, masker wajah ini tidak hanya bisa menjaga kulit tetap terhidrasi, tapi juga bisa membuat kulit kusam bersinar.

Bahan: 1/2 buah pisang matang, 1 sendok makan santan.

Cara menyiapkannya: Hancurkan pisang lalu campur dengan santan. Oleskan masker dan biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas. Pisang kaya akan vitamin dan kelembapan, dan santan menambahkan asam lemak bergizi untuk meningkatkan hidrasi.

4. Masker Timun dan Lidah Buaya
Masker wajah ini mampu menenangkan dan meremajakan kulit. Mentimun memiliki efek mendinginkan, dan lidah buaya menenangkan dan menghidrasi, menjadikannya sempurna untuk menenangkan kulit.

Bahan: 1/2 mentimun dan 1 sendok makan gel lidah buaya.

Cara menyiapkannya: Haluskan mentimun hingga halus dan campur dengan gel lidah buaya. Oleskan campuran tersebut, rileks selama 15 menit, dan bilas. Mentimun menghidrasi dan menenangkan, sementara lidah buaya menambah hidrasi dan membantu menenangkan kulit yang teriritasi.

5. Masker Madu dan Air Mawar
Madu, sebagai humektan alami, memberikan nutrisi ekstra pada kulit kusam dan kering. Dan air mawar membantu mengencangkan kulit dan mencerahkan kulit. Oleh karena itu, masker ini adalah cara sempurna untuk melembabkan dan menambah kilau halus.

Bahan: 1 sendok makan madu, 1 sendok makan air mawar.

Cara menyiapkannya: Campurkan madu dengan air mawar dan oleskan masker. Biarkan selama 15-20 menit dan bilas. Madu merupakan humektan alami, dan air mawar memberikan aroma menyegarkan sekaligus membantu menyeimbangkan tingkat pH dan kelembapan kulit.

6. Masker Minyak Zaitun dan Teh Hijau
Teh hijau memiliki antioksidan yang membantu memerangi radikal bebas dan memberikan perlindungan terhadap kerusakan lingkungan. Namun jika dicampur dengan minyak zaitun, akan menghasilkan masker wajah yang menghidrasi.

Bahan: 1 sendok makan minyak zaitun, 2 sendok makan teh hijau dingin.

Cara menyiapkannya: Campurkan minyak zaitun dengan teh hijau dan oleskan campuran tersebut. Diamkan selama 15-20 menit sebelum dibilas. Minyak zaitun adalah sumber antioksidan dan lemak sehat yang luar biasa, dan teh hijau menambahkan sifat anti-inflamasi, menjadikan masker ini penting untuk kulit di musim dingin. (wisnu-mg3/nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar