Banjir Melanda, Kapolres Sukoharjo Basah-basahan Bantu Evakuasi Warga Terdampak

Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan ikut basah-basahan membantu proses evakuasi warga terdampak banjir di Desa Kadokan, Grogol, Sabtu (19/11/2022).

Sukoharjonews.com (Grogol) – Banjir melanda sejumlah kecamatan di Kabuaten Sukoharjo, Sabtu (19/11/2022). Banjir terjadi di sejumlah desa di Kecamatan Weru, Kecamatan Baki, Kecamatan Grogol, dan Kecamatan Mojolaban.

Banjir yang terjadi dikarenakan sungai yang meluap ke pemukiman warga. Untuk Kecamatan Weru, sejumlah desa yang terendam banjir di antaranya Desa Tawang, Weru, Krajan, Karangwuni, Tegalsari, dan Desa Grogol.

Untuk desa di Kecamatan Grogol yang terkena dampak banjir terpantau Desa Kadokan dan Desa Langenharjo. Kecamatan Baki di Desa Mancasan dan Desa Ngrombo. Sedangkan di Kecamatan Mojolaban meliputi Desa Tegalmade, Desa Laban, dan Desa Gadingan.

Menanggapi kejadian bencana tersebut, Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, terjun langsung membantu mengevakuasi masyarakat yang terkena dampak banjir. Kapolres pun tak segan turun ke air untuk membantu evakuasi.

“Hari ini kita bersama Tim SAR dari Polres Sukoharjo, Kodim 0726, BPBD, dan relawan membantu mengavakuasi masyarakat yang terdampak banjir ke tempat yang lebih aman,” ujar Kapolres di Desa Kadokan, Grogol.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, namun untuk kerugian material belum bisa dipastikan,” lanjutnya.

Kapolres menjelaskan, banjir yang melanda di sejumlah wilayah ketinggiannya bervariasi. Namun, rata-rata hingga setinggi paha orang dewasa. Hingga Sabtu (19/11/2022) air masih menggenangi wilayah-wilayah tersebut sehingga proses evakuasi dilakukan.

Sedangkan Camat Grogol, Herdis Kurnia Wijaya mengaku Desa Kadokan memang menjadi langganan banjir karena banyak warga yang tinggal di bantaran Sungai Bengawan Solo. Terkait banjir, kecamatan bersama BPBD membangun tenda-tenda pengungsian di tanggul selain lokasi pengungsian di sejumlah gedung.

“Logistik juga kami siapkan untuk membantu warga terdampak banjir di Desa Kadokan,” ujarnya. (nanl)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar