Bakti Sosial Eva Yuliana, Lakukan Rapid Test Corona Pada Wartawan

Anggota Komisi III DPR RI, Eva Yuliana menggelar “rapid test” Corona pada wartawan di Ponpes Al Muayyad, Windan, Makamhaji, Kartasura, Kamis (23/4/2020).

Sukoharjonews.com (Kartasura) – Pandemi virus Corona yang melanda masyarakat saat ini menjadi kepedulian anggota Komisi III DPR RI, Eva Yuliana. Wakil rakyat tersebut menggelar bakti sosial dengan menggelar “rapid test” virus Corona dengan sasaran wartawan. Pelaksanaan tes dilakukan di Pondok Pesantren Al Muayyad Windan, Makamhaji, Kartasura, Kamis (23/4/2020). “Rapid test” Corona tersebut diikuti ratusan wartawan dan juga santri Ponpes.


“Wartawan atau pekerja media menjadi kelompok yang rawan terkana virus Corona karena dalam pekerjaannya bersinggungan dengan lingkungan maupn pasien yang terpapar virus Corona,” ujar Eva.

Dengan pertimbangan tersebut, dengan bekerjasama dengan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polres Sukoharjo menggelar deteksi dini dengan “rapid test” pada wartawan. Dengan deteksi dini, ujarnya, wartawan yang setiap hari berada di lapangan untuk meliput terkait Corona dapat memastikan kondisinya sehat sehingga memberikan rasa aman saat bekerja.

Eva juga mengatakan, wartawan juga salah satu garda depan alam upaya perlawanan terhadap virus Corona. Untuk itu, kondisi kesehatan harus diutamakan. Pelaksanaan “rapid test” pada wartawan tersebut melibatkan polisi sebagai mitra kerjanya di Komisi III.

Untuk akses alat rapid diagnostic test (RDT), Eva mengaku komisi yang dibidanginya membantu mendapatkan 100 alat yang digunakan melakukan tes pada pekerja media. Terkait alat untuk “rapid test” tersebut, Eva mengaku mendapatkannya dengan menggunakan dana pribadi sehingga jumlahnya terbatas. Alat tersebut merupakan buatan China ini sudah sesuai standar kementerian kesehatan dengan akurasi 90%.

“Alhamdullilah hasil “rapid test” yang diikuti wartawan semuanya negatif. Hai ini diikuti wartawan yang bertugas di Solo dan Sukoharjo. Rencananya, test serupa juga akan dilakukan pada wartawan di Klaten dan Boyolali,” tambahnya. (erlano putra)


Erlano Putra:
Tinggalkan Komentar