Baik untuk Penderita Anemia, Ini Khasiat Kangkung yang Tak Banyak Orang Tahu!

Khasiat sayur kangkung.(Foto: honestdocs)

Sukoharjonews.com – Kangkung termasuk dalam genus Convolvulaceae, yang memiliki nama ilmiah Ipomoea aquatica. Kangkung ini masih berkerabat dekat dengan ubi jalar. Tanaman kangkung punya batang yang berongga pada bagian tengah, mirip dengan selada air, oleh sebab itu, di China kangkung disebut Kung Shin Tsai atau sayuran yang bertangkai dan berlubang.


Kangkung merupakan tanaman yang mudah tumbuh, dan mudah dalam perawatan, sehingga tak heran sayuran satu ini mudah ditemukan dipasaran. Tak berbeda jauh dengan sayuran lainnya, kangkung juga mengandung sejumlah gizi dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Dikutip dari Jpnn, pada (25/7/2024), inilah manfaat kangkung:

1. Mengobati Anemia
Untuk penderita anemia, selain mengonsumsi obat, kamu bisa makan kangkung. Sayur ini memiliki kandungan zat besi juga baik untuk penderita anemia.

Karena zat besi merupakan mineral yang sangat penting dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk meningkatkan sel darah merah untuk memproduksi hemoglobin.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Saat ini sangat rawan terjadinya penyakit akibat dari adanya polusi dan radikal bebas yang terjadi di bumi. Radikal bebas ini disinyalir bertanggung jawab dalam pertumbuhan sel-sel kanker dan tumor serta bibit penyakit lainnya yang berbahaya.

Untuk membantu tubuh dalam melawan radikal bebas adalah dengan menggunakan vitamin C. Sayur kangkung termasuk dalam jenis makanan yang mengandung vitamin C cukup tinggi.

Vitamin C ini dibutuhkan oleh tubuh dan dibuat menjadi antibodi alami bagi tubuh sehingga tubuh tidak mudah sakit.


3. Mengatasi Sariawan
Jika mengalami seriawan, gusi berdarah atau masalah mulut lainnya.

Ternyata, sayur kangkung sangat baik untuk kesehatan mulut. Jika seseorang makan kangkung saat seriawan, kangkung tidak akan menimbulkan rasa sakit dan pedih, sehingga Anda bisa makan dengan nyaman dan juga tetap enak meskipun masih seriawan.

4. Menjaga Kesehatan Mata
Manfaat kangkung selanjutnya ialah bisa membantu menjaga kesehatan mata. Kangkung kaya akan vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

Pasalnya, vitamin A mampu melindungi kornea dan lapisan mata dari infeksi bakteri dan virus. Vitamin ini juga bisa meningkatkan produksi cairan sehingga mata tidak kering.

Demikian beberapa manfaat dari kangkung yang tidak banyak orang ketahui.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *