Bahaya Konsumsi Minuman Bersoda

Bahaya minuman bersoda.(Foto: kompas)

Sukoharjonews.com – Minuman bersoda banyak digemari, berkat rasanya yang manis, menyegarkan, dan adanya sensasi menggelitik di lidah. Namun bagi yang sering minum minuman bersoda perlu waspada. Sebab seringnya mengonsumsi minuman ini berpotensi menimbulkan efek samping bagi kesehatan.


Dikutip dari Yesdok, pada Minggu (30/6/2024), berikut bahaya mengonsumsi minuman bersoda:

1. Kesehatan Jantung   
Mengonsumsi soda dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, dan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi.

2. Obesitas dan Diabetes Tipe 2
Soda memiliki kadar gula yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan berat badan dan risiko diabetes tipe 2. Oleh karena itu, soda sangat buruk bagi kesehatan tubuh.

3. Kesehatan Tulang
Selain meningkatkan risiko osteoporosis, minuman bersoda, terutama yang mengandung asam fosfat, dapat mengurangi kepadatan tulang.


4. Kesehatan Gigi
Soda asam dan gula dapat menyebabkan kerusakan gigi, termasuk karies dan erosi enamel.

5. Kesehatan Hati
Soda yang mengandung fruktosa tinggi dapat menyebabkan perlemakan hati non-alkohol, yang dapat menyebabkan sirosis atau kanker hati.

Sebaiknya Anda membiasakan diri untuk minum air putih, teh tanpa pemanis, atau air berkarbonasi tanpa rasa agar lebih baik untuk kesehatan tubuh.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *