Bagikan PIP di Sukoharjo, Jokowi: Tahun Ini Nonimal PIP SMA/SMK Naik Jadi Rp1,8 Juta

Presiden Jokowi saat menyerahkan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) di GOR Bung Karno Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah, Kamis(1/2/2024).

Sukoharjonews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sukoharjo, Kamis (1/2/2024). Presiden Jokowi menyerahkan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) untuk siswa SD, SMP,dan SMA/SMK di GOR Bung Karno. Nampak, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan realsiasi PIP sudah mencapai 18,6 juta. Untuk nominalnya, jenjang SD mendapat Rp450 ribu, SMP mendapat Rp750 ribu. “Khusus yang SMA/SMK, tahun ini berubah naik menjadi Rp1,8 juta,” ujar Jokowi yang langsung disambut tepuk tangan meriah.

Seperti diketahui, di tahun sebelumnya nominal PIP untuk jenjang SMA/SMK hanya sebesar Rp1 juta.

“Apakah tidak cukup Rp1,8 juta, cukup. Kalau untuk Sukoharjo ya cukup. Coba yang bilang tidak cukup tunjuk jari. Cukup ya, dan betul-betul dipakai untuk beli perlengkapan sekolah,” ujar Jokowi.

“Beli buku boleh, beli sepatu boleh, beli seragam sekolah boleh, beli pulsa boleh tidak? Tidak boleh, khusus untuk perlengkapan sekolah,” papar Presiden.

Jokowi juga menyampaikan, jika ingin kuliah, Pemerintah juga ada program KIP kuliah. Jokowi berpesan agar belajar dengan tekun sehingga nilainya bagus dan bisa melanjutkan pendidikan dan mendapat KIP kuliah.

“Kalau KIP kuliah tergantung prodinya dan bisa mencapai Rp8 juta. Dan saat ini sudah mencapai 900 ribu lebih yang mendapat KIP kuliah,” kata Jokowi.

Sedangkan Sekjen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Suharti, menyampaikan, untuk penyerahan PIP di Kabupaten Sukoharjo oleh Presiden Jokowi diberikan kepada 1.000 siswa. Terdiri atas 400 siswa SD, 300 siswa SMP, 150 siswa SMA, dan 150 siswa SMK.

“Program ini sudah berjalan 10 tahun dan merupakan upaya pemerintah agar masyarakat kurang mampu bisa menempuh pendidikan dengan baik,” ujarnya.

Suharti juga mengatakan, tahun 2024 ini ada kenaikan target jumlah penerima PIP,dari sebelumnya 18,11 juta menjadi 18,77 juta penerima. Kenaikan jumlah penerima juga disertai dengan kenaikan nominal bantuan khususnya untuk jenjang SMA/SMK menjadi Rp1,8 juta.

Sebelum kunjungan kerja di Kabupaten Sukoharjo, Jokowi juga berkunjung di Kabupaten Wonogiri. Usai menyerahkan PIP, Jokowi melanjutkan acara dengan meninjau Gudang Bulog di Desa Telukan, Kecamatan Grogol, Sukoharjo.

Dalaam acara tersebut terlihat hadir Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana, Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi, Pangdam IV Diponegoro, Mayjen Tandyo Budi Revita, serta Bupati Sukoharjo, Etik Suryani. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar