Awas Jangan Lakukan Gestur Ini Karena Kamu Terlihat Arogan

Bahasa tubuh yang buat terlihat arogan. (Foto : Unplash)

Sukoharjonews.com – Dikenal sebagai sosok yang baik, ramah, dan menyenangkan oleh banyak orang tentu menjadi salah satu hal yang membahagiakan. Dengan demikian, kita bisa menarik banyak orang untuk lebih dekat dengan diri kita.


Dilansir dari PsychMechanics, Sabtu (6/5/2023), kalau ingin dipandang baik oleh orang, harus selaras juga dengan bagaimana pembawaan diri kita. Tak hanya dari ucapan yang tinggi, sering kali seseorang dikira sebagai sosok arogan hanya dari bahasa tubuh, kamu perlu pahami, beberapa bahasa tubuh ini bisa bikin kamu terlihat sebagai sosok arogan di mata orang lain.

1. Mengangkat Dagu Tinggi
Mengangkat dagu menjadi lebih tinggi menandakan keunggulan, keberanian, dan kesombongan.

Mengutip PsychMechanics, dengan mengangkat dagu, orang tersebut mencoba menambah tinggi badannya, sehingga mereka dapat melihat ke bawah melalui hidungnya. Ia memperlihatkan lehernya dan seolah menantang orang lain untuk melawannya.


2. Melipat Tangan di Dada
Sering kali tanpa sadar kita melipat atau menyilangkan tangan di dada bermaksud untuk memberikan rasa nyaman pada diri kita sendiri.

Namun, siapa sangka jika bahasa tubuh ini bisa membuatmu dinilai sosok yang arogan lho, Beauties! Sebab, dalam posisi tangan yang menyilang di dada akan membuatmu terkesan tidak ingin diganggu, sedikit marah, dan menunjukkan ketidaknyamanan.

Dikutip dari Inc, saat di depan orang lain ada baiknya untukmu bersikap lebih ramah dengan membuka postur tubuh dan terlibat dalam percakapan.


3. Berkacak Pinggang, dengan Tangan Mengepal
Bahasa tubuh yang satu ini bisa membuatmu terlihat arogan. Sebab, berkacak pinggang bisa menyampaikan maksud kebanggaan, kepercayaan diri, dominasi, sampai ketegangan.

Namun tak bisa langsung disimpulkan, kamu perlu melihat berbagai aspek lainnya juga. Sebagai contoh, jika bertolak pinggang bersamaan dengan dagu yang sedikit terangkat dan tersenyum bisa sebagai tanda kebanggaan.

Berbeda halnya dengan berkacak pinggang sembari tangan yang terkepal. Bahasa tubuh ini mengartikan kamu sudah menantang orang lain untuk bermusuhan, tegas, dan tidak ingin diganggu.


4. Menunjuk-nunjuk dengan Jari
Menggunakan bahasa tubuh ini di depan banyak orang sangatlah berbahaya! Sebab, kamu akan langsung dicap sebagai sosok yang agresif, kasar, dan arogan.

Menunjuk dengan jari seolah membuat kamu sebagai ‘guru’ dan orang lain adalah murid yang harus diajar. Membuatmu terkesan sebagai orang yang paling benar.

Karena ini, gunakanlah gesture tangan terbuka saat berkomunikasi atau presentasi. Cara ini jauh terkesan lebih sopan.

5. Menghela Napas Kencang
Menghela napas dengan kencang memang akan terasa begitu melegakan. Namun, jangan sampai kamu melakukan hal ini di depan banyak orang atau saat kamu tengah terlibat dalam percakapan.

Sebab, bahasa tubuh ini bisa mengirimkan pesan pada orang lain bahwa kamu tidak tertarik, jengkel, tak sabar, dan ingin menghakimi. Karena itu, bernapaslah sewajarnya saat di depan banyak orang, karena salah-salah bisa menyinggung hatinya. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *