Aprilia RSV4 X ex3ma Memulai Debut, Hanya 30 Unit, Cek Spesifikasi dan Harganya

Aprilia RSV4 X ex3ma. (Foto: Greatbiker)

Sukoharjonews.com – Aprilia telah meluncurkan motor balap Aprilia RSV4 X ex3ma baru, sebuah produk yang memanfaatkan data dan inspirasi dari pembalap RS-GP yang saat ini membalap di MotoGP.

Dikutip dari Greatbiker, Kamis (3/10/2024), Aprilia adalah salah satu pabrikan yang telah membuat kagum di panggung MotoGP, dan Aprilia kembali menghadirkan balapan Grand Prix ke portofolio produknya dengan RSV4 X ex3ma khusus lintasan. Ini adalah produk keempat dalam rangkaian X, penawaran balap khusus yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2019, yang dimulai dengan RSV4 X, Tuono X, dan yang terbaru, RSV4 X Trenta, yang diluncurkan pada tahun 2022.

Aprilia RSV4 X ec3ma adalah mesin tercanggih yang pernah dibuat, yang mengambil data dari balapan RS-GP sungguhan dari Aprilia Racing Team di MotoGP dan mengadaptasinya menjadi produk komersial, yang dilengkapi winglet yang dipatenkan.

“Motor ini adalah evolusi utama dari proyek yang kami mulai untuk menghadirkan teknologi mutakhir langsung dari divisi Racing kami kepada pelanggan kami,” kata Albesiano, Direktur Teknis Aprilia Racing.

“Sering ada pembicaraan tentang mentransfer teknologi balap ke publik, tetapi di Aprilia Racing itu adalah kenyataan yang nyata. Teknisi kami telah menciptakan sesuatu yang melampaui evolusi RSV4 yang sudah luar biasa. Hal ini paling terlihat dalam aerodinamikanya, yang menggabungkan inovasi yang biasanya hanya ditemukan pada motor MotoGP.”

Aprilia RSV4 X ex3ma. (Foto: Greatbiker)
Aprilia RSV4 X ex3ma. (Foto: Greatbiker)

Aprilia RSV4 X ex3ma. (Foto: Greatbiker)

“Ex3ma adalah motor produksi massal pertama dengan paket dan perlengkapan dasar terlengkap, yang melipatgandakan gaya lateral dibandingkan model X sebelumnya. Fairing bertingkat dan cornering wing merupakan inovasi yang diperkenalkan Aprilia untuk pertama kalinya di MotoGP.”

“Wing depan, desain MotoGP sejati, memiliki lebar 550 mm dan menghasilkan downforce lima kali lebih besar daripada X Trenta, yang sudah melampaui downforce motor balap merek lain, sehingga menghasilkan akselerasi yang luar biasa. Sebuah kemajuan besar terletak di balik tampilan agresif ini: ECU balap APX yang terkenal telah ditingkatkan secara signifikan, untuk meningkatkan efisiensi dan kemudahan penggunaan. Banyak komponen, baik yang terlihat maupun yang tersembunyi, baru atau telah dioptimalkan untuk menghemat bobot. Motor ini tidak diragukan lagi merupakan yang paling mendekati pengalaman berkendara motor MotoGP modern.”

Aprilia RSV4 X ec3ma akan ditenagai oleh mesin V4 1.099cc yang telah disetel oleh spesialis mesin Aprilia Racing untuk memberikan pengalaman trek terbaik. Motor ini mampu menghasilkan tenaga 230 bhp dan torsi 96,6 Nm. Dilengkapi dengan paket elektronik yang lengkap, motor ini juga memiliki tingkat kustomisasi yang tinggi dan dapat dihubungkan ke sistem komputer untuk penyetelan lebih lanjut.

Motor ini dilengkapi dengan perlengkapan balap khusus, seperti peredam kejut depan dan belakang dari merek Ohlins dengan pengaturan khusus, sistem rem Brembo dengan pompa radial 19/16 di bagian depan dan kaliper GP4 MS, bantalan rem balap Z04, dan cakram rem T Drive 330 mm. Ada juga pelek serat karbon dan ban Pirelli, dengan mutu yang sama seperti yang digunakan dalam program WorldSBK, yang dipasang dari pabrik.

Karena motor ini akan menjadi produk balap, motor ini tidak dapat dikendarai di jalan umum. Mtor juga hanya diproduksi sebanyak 30 unit dan memiliki harga jual yang tinggi yaitu 80.000 euro atau sekitar Rp1,347 miliaran. Pabrikan telah mengungkapkan bahwa mereka yang ingin memesan hanya dapat memesan melalui saluran daring. Dan semua pembeli akan menerima hak istimewa khusus dari produsen, termasuk paket wisata ke pabrik Aprilia di Noale, Italia. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *