Apakah Ini Tanggapan Samsung Terhadap Telefoto “Tetraprisma” Apple?

Telefoto Samsung. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Apple mengembangkan sesuatu yang disebut rakitan lensa telefoto tetraprisma untuk telefoto periskop 5x iPhone 15 Pro Max. Meskipun zoom optik 5x bukanlah hal baru bagi perangkat Android, optik yang mendasarinya dan merek tetraprisma tentu saja merupakan sesuatu yang baru di industri.


Dikutip dari Gizmochina, Minggu (8/9/2024), dalam berita terbaru, permohonan paten dari Samsung Electro-Mechanics menunjukkan bahwa perusahaan tersebut sedang mengerjakan sesuatu yang terdengar seperti versi solusi telefoto periskop Apple yang ditingkatkan atau lebih mutakhir. Ini disebut lensa ‘prisma hexa’.

Seperti namanya, ini akan menjadi pengaturan enam lensa yang menawarkan zoom periskop tingkat lanjut. Ini mungkin bersaing dengan teknologi telefoto periskop tetraprisma Apple. Seperti yang Anda lihat dari gambar, tiga dari enam lensa berbentuk cekung (cahaya menonjol keluar) dan yang lainnya cembung. Lensa akan ditempatkan di dalam periskop yang memungkinkan rakitan memiliki panjang fokus yang lebih panjang (dalam kisaran 180mm hingga 7000mm).

Abstrak paten Samsung memberikan wawasan lebih lanjut tentang optik yang mungkin direncanakan Samsung untuk digunakan di salah satu produk unggulan Ultra masa depan:


“Sistem pencitraan optik mencakup lensa pertama dengan daya bias negatif, permukaan sisi objek cembung, dan permukaan sisi gambar cekung; lensa kedua dengan daya bias positif; lensa ketiga dengan daya bias negatif; lensa keempat dengan daya bias positif; lensa kelima dengan daya bias negatif; dan lensa keenam dengan daya bias positif dan permukaan sisi gambar memiliki titik belok. Lensa pertama hingga keenam disusun secara berurutan dalam urutan numerik dari sisi objek sistem pencitraan optik menuju bidang pencitraan.”

Meskipun perusahaan kemungkinan akan menggunakan teknologi ini di salah satu produk andalan S Ultra, tidak jelas model mana yang pertama kali menampilkan lensa ‘hexa prisma’ baru. Galaxy S25 Ultra dikabarkan memiliki kamera telefoto periskop 5x, namun mengingat panjang fokus lensa ‘hexa prisma’, sepertinya bukan S25 Ultra.

Untuk konteksnya, telefoto periskop 5x pada Galaxy S24 Ultra memiliki panjang fokus 111mm, sehingga teknologi ‘hexa prisma’ mungkin akan debut di S26 Ultra atau model masa depan. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *