Apakah Ikan Mentah Baik untuk Anda? Simak Penjelasnnya

Apakah ikan mentah baik untuk kesehatan.(Foto: halodoc)

Sukoharjonews.com – Sushi adalah salah satu cara orang makan ikan mentah. Namun, sebaiknya batasi atau hilangkan ikan mentah dari menu makanan Anda. Mengonsumsi makanan laut mentah atau setengah matang dapat meningkatkan risiko terkena bakteri, parasit, dan polutan yang dapat membuat Anda sakit.

Dilansir dari health, Senin (6]/5/2-24), meskipun Anda boleh makan ikan mentah, ada beberapa risiko jika memakannya dengan cara ini . Risiko tersebut antara lain paparan bakteri, parasit, dan polutan.

Bakteri
Bakteri ada di permukaan ikan mentah dan jusnya. Makanan laut yang dimasak sebagian juga dapat menyebabkan lebih banyak pertumbuhan bakteri.

Mengonsumsi ikan dan tiram mentah dan setengah matang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit akibat bakteri. Ini termasuk bakteri Vibrio yang menyebabkan infeksi yang disebut vibriosis. Infeksi vibriosis ringan menyebabkan diare dan muntah. Namun, pada kasus vibriosis yang parah, seseorang mungkin mengalami infeksi aliran darah atau lesi kulit yang melepuh.

Parasit
Anda mungkin juga terkena parasit seperti cacing pita . Diphyllobothrium latem dan spesies terkaitnya merupakan cacing pita terbesar yang dapat menginfeksi manusia yang mengonsumsi ikan mentah, khususnya ikan air tawar. Infeksi paling umum terjadi di Eropa, Amerika Utara, dan Asia.

Polutan
Beberapa jenis ikan, seperti hiu dan ikan todak, mungkin juga mengandung polutan yang lebih tinggi, seperti dioksin dan metilmerkuri.

Dioksin merupakan senyawa kimia yang bersifat racun dan memiliki waktu penguraian yang lama di lingkungan. Senyawa ini dapat menyebabkan masalah atau kondisi kesehatan seperti kanker, kerusakan sistem kekebalan tubuh, atau masalah reproduksi.

Manfaat Makan Ikan Mentah
Meskipun mengonsumsi ikan mentah memiliki risiko, mengonsumsi makanan laut sebagai bagian dari pola makan Anda bisa bermanfaat. Ikan adalah sumber yang baik untuk:

Yodium
Protein tanpa lemak
Asam lemak omega-3, yang merupakan lemak sehat
Vitamin A, D, dan E

Secara keseluruhan, mengonsumsi nutrisi ini baik untuk kesehatan otak, kesehatan mata, dan fungsi tiroid.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar