Apakah Air Bersoda Buruk untuk Gigi? Simak Berikut ini

Minum soda bikin gigi keropos. (Foto: Alodokter)

Sukoharjonews.com– Apakah desisan air soda favorit Anda yang memuaskan membuat Anda berisiko mengalami kerusakan gigi? Karena minuman apa pun yang mengandung karbonasi termasuk air soda memiliki tingkat asam yang lebih tinggi, beberapa laporan mempertanyakan apakah meminum air soda akan melemahkan email gigi Anda (lapisan terluar gigi yang keras tempat gigi berlubang pertama kali terbentuk).

Dilansir dari mouth healthy,Rabu (20/3/2024), menurut penelitian yang ada, air soda umumnya baik untuk gigi Anda—dan inilah alasannya.

Dalam sebuah penelitian yang menggunakan gigi yang dicabut sebagai bagian dari perawatan dan disumbangkan untuk penelitian, para peneliti menguji apakah air soda akan menyerang email gigi lebih agresif daripada air laboratorium biasa. Hasil?

Kedua bentuk air tersebut memiliki efek yang hampir sama terhadap email gigi. Temuan ini menunjukkan bahwa, meskipun air soda sedikit lebih asam dibandingkan air biasa, itu hanyalah air bagi gigi Anda.

Tips Menikmati Air Bersoda dan Melindungi Gigi Anda
-Air soda jauh lebih baik untuk gigi Anda dibandingkan minuman manis. Selain itu, pastikan untuk minum banyak air biasa yang mengandung fluoride—ini adalah minuman terbaik untuk gigi Anda .

Air yang mengandung fluorida secara alami membantu melawan gigi berlubang, membersihkan sisa makanan yang dimakan bakteri penyebab gigi berlubang, dan menjaga mulut Anda agar tidak kering (yang dapat membuat Anda berisiko lebih tinggi mengalami gigi berlubang).

– Perhatikan apa yang ada di air soda Anda. Air rasa jeruk sering kali memiliki kadar asam lebih tinggi sehingga meningkatkan risiko kerusakan email. Rencanakan untuk menikmatinya sekaligus atau dengan makanan. Dengan cara ini, Anda tidak meminumnya sepanjang hari dan membuat gigi Anda terus-menerus terkena tingkat asam yang sedikit lebih tinggi yang dikandungnya.

– Merek air soda dengan tambahan gula tidak lagi bisa dianggap sekadar air soda. Ini adalah minuman yang dimaniskan dengan gula, yang dapat berkontribusi pada risiko terjadinya gigi berlubang. Jadi ingat bersoda atau tidak air biasa selalu merupakan pilihan terbaik.(Patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar