Apa yang Membuat Jamur Shiitake Menjadi Makanan yang Kaya Manfaat? Simak Jawabannya Disini!

Manfaat jamur shintake.(Foto:Halodoc)

Sukoharjonew.com – Jamur shiitake (Lentinula edodes) merupakan jamur yang dapat dimakan dan populer yang berasal dari Asia, terutama Jepang dan Cina. Dikenal karena rasa gurih dan tekstur dagingnya, jamur shiitake sering digunakan dalam pembuatan sup atau pasta karena rasanya. Jamur dengan tutup berwarna cokelat tua ini rendah kalori, kaya serat, vitamin seperti B6, dan mineral seperti kalium dan kalsium. Jadi, jamur shiitake tidak hanya bernilai karena kegunaannya dalam memasak, tetapi juga karena manfaatnya bagi kesehatan, termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan jantung. Ketahui manfaat dan efek samping jamur shiitake sebelum menambahkannya ke dalam makanan Anda.

Dikutip dari Healthshots, pada Sabtu (31/8/2024), berikut manfaat dari jamur shiitake:

1. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Dalam sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam Journal of the American College of Nutrition , partisipan yang mengonsumsi jamur shiitake selama empat minggu mengalami peningkatan kekebalan tubuh. Jamur shiitake mengandung polisakarida, khususnya lentinan, yang merangsang sistem kekebalan tubuh. Hal ini dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit, menjadikan shiitake sebagai makanan super yang membantu menjaga kesehatan.

2. Dapat mendukung kesehatan jantung

Jamur shiitake memiliki sifat antioksidan tinggi, yang dapat melindungi sel dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker dan penyakit jantung, sebagaimana penelitian yang diterbitkan dalam Trends in Food Science and Technology pada tahun 2023. Jamur ini kaya akan senyawa seperti eritadenine, sterol, dan beta-glukan, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah penumpukan plak di arteri, sehingga berkontribusi pada kesehatan kardiovaskular yang lebih baik.

3. Memberikan perlindungan antioksidan
Jamur shiitake kaya akan antioksidan, termasuk selenium dan polifenol. Jamur ini dapat membantu melawan stres oksidatif, mengurangi peradangan , dan melindungi tubuh kita dari kerusakan akibat radikal bebas, yang diketahui dapat menyebabkan penyakit kronis serta penuaan dini.

4. Dapat meningkatkan kesehatan tulang
Jamur shiitake dapat menghasilkan vitamin D saat terkena sinar ultraviolet, sebagaimana penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrients pada tahun 2018. Vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium dan kesehatan tulang, serta dapat membantu mencegah kondisi seperti osteoporosis.

5. Dapat membantu pencegahan kanker
Dalam sebuah penelitian tahun 2021 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients , jamur shiitake ditemukan memiliki sifat antikanker. “Lentinan dalam jamur shiitake dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker dan meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan tumor.

6. Dapat mendukung kesehatan usus
Jamur shiitake mengandung serat makanan dan prebiotik, yang menyehatkan bakteri baik di dalam usus. Jamur ini membantu meningkatkan pencernaan sekaligus mendukung mikrobioma usus yang sehat, dan mungkin mengurangi risiko gangguan pencernaan.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *