Apa sebenarnya tanda-tanda usus sehat? Simak Berikut ini

Ciri usus sehat. (Foto: halodoc)

Sukoharjonews.com – Usus, atau sistem pencernaan, adalah jalur panjang dan berliku yang dilalui makanan dan minuman ke dalam tubuh. Ini memastikan bahwa semua nutrisi bermanfaat diserap dan digunakan untuk energi, pertumbuhan dan perbaikan.


Dilansir dari The Guardian, Kamis (29/2/2024),Setelah makanan ditelan, kerongkongan mengantarkannya ke lambung. Kemudian melewati usus kecil dan besar sebelum limbah – bahan yang tidak dapat digunakan tubuh – dikeluarkan sebagai tinja. Organ padat juga membantu: hati, pankreas, dan kandung empedu. Keseluruhan saluran pencernaan pada orang dewasa umumnya memiliki panjang sekitar 5m, dengan dua pertiga usus kecil, namun terdapat banyak variasi pada setiap orang. Sebarkan seluruhnya, dan luas permukaan usus yang bersentuhan dengan makanan adalah sekitar 32m 2 . Luasnya kira-kira setengah dari luas lapangan bulutangkis.

Bagaimana cara kerjanya?
Usus dibangun untuk pencernaan: penguraian makanan dan minuman menjadi nutrisi yang dapat diserap ke dalam aliran darah. Mengunyah makanan mengubahnya menjadi gumpalan kecil untuk dicerna oleh usus, sebuah proses yang dibantu oleh air liur. Air liur mengandung enzim yang memecah pati dan lemak dalam makanan sebelum mencapai lambung.

Makanan dipindahkan melalui saluran pencernaan melalui gerak peristaltik, dimana dinding usus terjepit di belakang isinya, seperti pasta gigi yang diperas dari tabung. Setelah tertelan, makanan didorong ke dalam perut, yang melepaskan asam kuat dan enzim untuk memecah makanan lebih lanjut. Ini menghasilkan cairan kental yang disebut chyme yang perlahan-lahan dilepaskan ke usus kecil.

Hampir semua nutrisi yang diserap tubuh – mulai dari karbohidrat dan vitamin hingga lemak, protein, dan mineral – diserap di usus kecil. Di sini, organ-organ padat membantu. Saluran kecil dari pankreas menyalurkan cairan pencernaan yang membantu memecah karbohidrat, lemak, dan protein. Cairan pencernaan lain yang disebut empedu dibuat oleh hati dan dimasukkan ke dalam usus kecil atau disimpan di kantong empedu untuk digunakan nanti. Bakteri di usus kecil juga terlibat, melepaskan enzim yang membantu pencernaan. Begitu berada di aliran darah, nutrisi diedarkan ke seluruh tubuh, lalu digunakan dan disimpan oleh jaringan dan organ.


Feses yang ideal adalah bentuk sosis berwarna coklat sedang hingga coklat tua yang memiliki konsistensi lembut hingga keras
Setelah usus kecil menyerap semua nutrisi yang ada, usus besar akan mengambil limbahnya. Peristaltik menggerakkannya melalui usus besar, tempat air dikeluarkan untuk menghasilkan tinja yang terdiri dari bahan makanan dan bakteri yang tidak tercerna. Dibutuhkan enam hingga delapan jam bagi makanan untuk melewati lambung dan usus kecil, dan 36 jam berikutnya untuk melewati usus besar. Di ujung usus besar terdapat rektum, yang menyimpan tinja hingga dikeluarkan saat buang air besar.

Dari mulut hingga anus, usus manusia dilapisi dengan lebih dari 100 m sel saraf yang membentuk sistem saraf enterik. Kumpulan saraf yang padat ini dapat mengirimkan pesan bolak-balik ke otak. Sinyal dipertukarkan di sepanjang saraf vagus kiri dan kanan, yang berjalan dari otak ke sisi tubuh yang bersangkutan hingga ke usus besar. Saraf memainkan peran penting dalam pencernaan yang sehat, produksi lendir dan air liur, respon imun, kontrol rasa dan kandung kemih, belum lagi detak jantung, tekanan darah, pernapasan, suasana hati dan ucapan.

Apa yang membuat usus tetap sehat?
Mengingat peran usus, tidak mengherankan jika dokter merekomendasikan pola makan sehat untuk kesehatan usus. Itu berarti buah-buahan dan sayur-sayuran setiap hari, mengurangi makanan manis dan berlemak, dan memilih unggas atau ikan daripada daging merah. Dr Megan Rossi, ahli diet terdaftar dan peneliti di King’s College London , merekomendasikan makan 30 makanan nabati berbeda setiap minggu. Jika kedengarannya agak berlebihan, ingatlah bahwa itu termasuk buah dan sayuran, biji-bijian, polong-polongan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Mencapai target semudah menaburkan campuran biji-bijian pada sarapan Anda di pagi hari.

Beberapa makanan jelas lebih sehat dibandingkan makanan lain dan, meskipun tidak ada sebutan formal, lusinan makanan sering digambarkan sebagai “makanan super”. Berdasarkan labelnya, produk ini kaya akan nutrisi sehat, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan, meskipun beberapa juga kaya akan serat, lemak tak jenuh yang sehat, dan flavonoid. Yang terakhir termasuk senyawa tanaman seperti apigenin, yang ditemukan dalam peterseli, kamomil dan seledri, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-kanker . Sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam dan kangkung, beri, alpukat, kayu manis, umbi-umbian, bawang putih, jahe, teh hijau, lentil, dan salmon dianggap sebagai makanan super, namun tidak selalu mudah untuk menentukan manfaat kesehatan dari makanan tertentu: sebagian besar penelitian menguji konstituen tertentu pada sel di cawan petri atau pada tikus.

Orang dewasa di Inggris disarankan mengonsumsi 30 gram serat sehari, namun biasanya hanya mengonsumsi 20 gram. Pola makan tinggi serat dapat membantu pencernaan dan mencegah sembelit, serta dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker kolorektal. Serat harus berasal dari berbagai sumber, termasuk buah dan sayuran, kacang-kacangan, kacang-kacangan, biji-bijian, oat, roti gandum dan pasta serta nasi merah. Penting juga untuk minum cukup air, yang membantu makanan melewati sistem pencernaan. Terlalu sedikit dapat menyebabkan dehidrasi, penyebab umum sembelit.


Apa penyebab masalah usus yang umum?
Berbagai macam kondisi mempengaruhi usus mulai dari gangguan pencernaan, mulas dan diare hingga sembelit, sindrom iritasi usus besar dan kanker. Gangguan pencernaan terjadi ketika asam lambung mengiritasi lapisan lambung, atau bagian dinding lambung yang kasar, seperti maag. Sakit maag serupa: rasa terbakar di dada disebabkan oleh asam lambung yang mengalir kembali ke kerongkongan. Ini sering kali merupakan tanda bahwa pita otot di bagian bawah kerongkongan tidak berfungsi dengan baik. Bila mulas terjadi secara teratur, hal ini disebut penyakit refluks gastro-esofagus, atau Gord. Beberapa makanan seperti cabai, bawang merah, bawang putih, tomat, dan buah jeruk dapat memicu sakit maag, begitu pula minuman tertentu, seperti teh, kopi, dan minuman bersoda. Mengurangi stres dan kecemasan dapat membantu.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *