Apa Saja Manfaat Rutin Doner Darah? Simak Disini!

Manfaat donor darah.(Foto: katadata)

Sukoharjonews.com – Donor darah adalah tindakan sukarela di mana seseorang dengan sukarela menyumbangkan sejumlah darahnya untuk digunakan dalam transfusi kepada pasien yang membutuhkan. Darah yang disumbangkan berperan penting dalam menyokong sistem perawatan kesehatan, membantu pasien yang mengalami kehilangan darah akibat kecelakaan, operasi, kondisi medis, atau dalam situasi darurat.


Donor darah memiliki manfaat yang penting bagi pendonor. Beberapa manfaatnya termasuk pemantauan kesehatan gratis, di mana pendonor akan menjalani pemeriksaan kesehatan secara rutin. Selain itu, darah donor juga dapat meningkatkan produksi sel darah baru dalam tubuh, membantu menjaga keseimbangan dan kesehatan darah. Dikutip dari Yesdok, pada Jumat (5/7/2024), berikut manfaat rutin donor darah:

1. Menurunkan Risiko Kanker
Mengurangi kadar zat besi dalam darah dapat mengurangi risiko terkena kanker seperti kanker hati, paru-paru, kolon, dan tenggorokan.

2. Membakar Kalori
Membantu menjaga berat badan yang sehat, donor darah dapat membakar sekitar 650 kalori per 450 mililiter darah yang didonorkan.


3. Stimulasi Produksi Sel Darah Baru
Tubuh dapat memperoleh sel darah baru melalui proses donor darah, yang dapat meningkatkan kesehatan dan fungsi tubuh secara keseluruhan.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Dengan meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi tingkat zat besi yang berlebih, yang dapat menyebabkan kerusakan jantung, donasi darah rutin membantu menjaga jantung sehat.

5. Stabilitas Mental dan Kesejahteraan Emosional
Dengan menjadi donor darah secara teratur, Anda dapat merasa senang dan tenang karena Anda membantu orang lain dan berkontribusi pada kesejahteraan komunitas.


6. Menurunkan Kolesterol
Mereka yang memberi darah dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh mereka, yang berarti mereka lebih rentan terhadap penyakit kardiovaskular.

7. Meningkatkan Kesehatan di Usia Lanjut
Kesehatan pendonor darah yang rutin cenderung lebih baik seiring bertambahnya usia.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *