Antisipasi Proyek Tak Selesai, OPD Diminta Lakukan Lelang Sejak Awal

Pembangunan Gedung DPRD Sukoharjo merupakan salah satu proyek yang tidak selesai sesuai kontrak di 2018 lalu.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Memasuki awal tahun 2019, Pemkab Sukoharjo meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki proyek fisik untuk segera melakukan persiapan lelang. Pemkab tidak ingin kasus proyek yang tidak selesai sesuai kontrak banyak terulang di tahun ini. Meski tahun ini tidak ada proyek fisik yang besar, Pemkab tetap meminta OPD agar segera melakukan persiapan lelang.


“Sejak dulu Pemkab sudah meminta OPD melakukan sejak awal. Jangan harus menunggu hingga Agustus, harus bisa lebih cepat,” tandas Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa, Kamis (17/1).

Dikatakan Agus, dengan melakukan proses lelang lebih cepat, harapannya pengerjaan proyek fisik bisa lebih cepat sehingga proyek bisa selesai sesuai kontrak. Selain itu, jika proyek dikerjakan lebih cepat, kualitas proyek juga terpantau dengan baik. Untuk itu, dalam Triwulan 1 2019 ini OPD harus lebih segera melakukan persiapan lelang proyek.

Ketika Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) diterima, ujar Agus, OPD harus sudah melakukan persiapan lelang. Tidak perlu menunggu Triwulan 2. Agus menyebut, beberapa proyek fisik di tahun 2018 lalu banyak yang terlambat sehingga tidak selesai sesuai kontrak. Agus mencontohkan proyek pembangunan Gedung DPRD yang molor dari kontrak meski akhirnya bisa selesai di akhir Desember 2018.

Seperti diketahui, selain proyek Gedung DPRD, sejumlah proyek fisik di Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang (DPUPR) juga mengalami keterlambatan. Bahkan, beberapa diantaranya gagal dilaksanakan karena terjadi gagal lelang. Untuk itu, masalah yang terjadi di tahun 2018 diharaplan tidak kembali terulang. Sekda meminta dibuat perencanaan dengan matang sehingga semua proyek fisik bisa dikerjakan lebih cepat.

“Semua OPD akan kami kumpulkan untuk koordinasi terkait pelaksanaan dan penjabaran DPA tahun 2019. Salah satunya untuk mempercepat proses lelang,” tambah Agus. (erlano putra)


Erlano Putra:
Tinggalkan Komentar