Ragam  

Antisipasi La Nina, Jalur Evaluasi Wilayah Rawan Bencana Kembali Disiapkan

Waspada La Nina (Ilustrasi).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Fenomena alam La Nina menjadi kewaspadaan semua daerah termasuk Sukoharjo. Dalam fenomena ini, akan terjadi peningkatan curah hujan sehingga rawan menimbulkan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo kembali menyiapkan jalur evaluasi di wilayah rawan bencana.



“Selain jalur evakuasi, kami juga persiapkan tempat pengungsian serta dapur umum di beberapa titik wilayah rawan bencana alam,” jelas Ketua Pelaksana BPBD Sukoharjo, Sri Maryanto, Minggu (25/10/2020).

Lebih lanjut Maryanto mengatakan, masing masing penyiapan dilakukan dengan melibatkan pemerintah desa, kelurahan dan kecamatan termasuk warga setempat. Selama ini, ujarnya, di wilayah rawan bencana sudah ada jalur evakuasi sehingga tinggal disosialisasikan kembali. Pasalnya, fenomena La Nina diprediksi dapat memicu terjadinya bencana alam.

Dalam beberapa hari terakhir, lanjut Maryanto, curah hujan tinggi sudah terjadi di Sukoharjo. Jika terjadi curah hujan tinggi srtiap hari, potensi bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan angin kencang cukup tinggi. “Untuk jalur evakuasi warga sudah hafal, termasuk tempat mana saja untuk mengungsi, jadi tinggal disiapkan lagi saja,” ujarnya.

Khusus untuk tempat pengungsian, lokasi yang digunakan antara lain bangunan milik pemerintah serta fasilitas umum seperti balai desa, sekolah, masjid, dan lainnya. “Semua yang diimbau oleh BMKG terkait ancaman La Nina sudah disiapkan di Sukoharjo,” tambahnya. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *