Antisipasi Cuaca di Hari Pernikahan Agar Tidak Menyesal!

Antisipasi cuaca saat pernikahan. (Foto: seputar pernikahan)

Sukoharjonews.com – Apakah Anda salah satu calon pengantin yang dibuat deg-degan dengan musim hujan? Apalagi jika Anda sudah membooking tempat pernikahan outdoor. Mungkin Anda bisa memantau situs prakiraan cuaca secara berkala untuk melihat apakah tanggal pernikahan Anda berpotensi turun hujan atau tidak. Namun dibalik itu, Anda juga harus mempersiapkan rencana cadangan untuk menghadapi kemungkinan apabila terjadinya hujan. Ada beberapa pilihan yang bisa Anda dan pasangan lakukan untuk mengantisipasi cuaca buruk demi kelancaran acara pernikahan Anda.

Dikutip dari Bride Story, pada Rabu (31/1/2024), inilah cara mengantisipasi cuaca di hari pernikahan agar Anda tidak menyesal:

1. Rundingkan dengan Perencana Pernikahan
Bekerja sama dengan perencana pernikahan akan lebih memudahkan Anda untuk mengembangkan strategi pencegahan cuaca buruk. Hal ini lantaran mereka yang telah berkecimpung di industri pernikahan sejak lama sudah benar-benar mengetahui bagaimana harus menyikapi situasi seperti ini. Apabila Anda menemukan bahwa prediksi cuaca mengatakan akan turun hujan deras saat hari H, segera diskusikan dengan perencana pernikahan Anda untuk mencari jalan keluarnya. Apakah itu dengan memindahkan venue pernikahan ke dalam ruangan, atau tetap berada di lokasi yang sama dengan memastikan bahwa segala logistik yang diperlukan bisa disesuaikan meski hujan tengah turun.

2. Buatlah Plan B atau Rencana Cadangan
Belum memutuskan untuk mengambil lokasi pernikahan tertentu? Artinya, Anda masih memiliki kesempatan untuk mencari venue pernikahan yang memang memiliki plan B khusus jika terjadi hujan saat hari H. Misalnya, Anda yang berencana menggelar pernikahan di ruang terbuka bisa memilih venue yang juga telah menyediakan lokasi alternatif tertutup untuk menampung para tamu di kala hujan. Pastikan juga lokasi tersebut benar-benar layak dan kondusif untuk digunakan pada saat darurat. Apabila Anda tetap ingin perayaan tersebut dilangsungkan di luar ruangan, sangat disarankan untuk mempertimbangkan penggunaan tenda sebagai langkah antisipasi terhadap hujan. Keberadaan tenda mampu memberikan perlindungan langsung terhadap hujan dengan menjaga dekorasi, peralatan pernikahan, dan logistik Anda tetap kering. Ini sangat penting untuk kenyamanan tamu dan kelancaran prosesi acara. Sebelum memilih tenda, pastikan untuk berbicara terlebih dahulu dengan pihak pengelola gedung pernikahan untuk mendapatkan saran yang tepat sesuai dengan lokasi dan kebutuhan acara Anda.

3. Sediakan Perlengkapan Pelindung untuk Tamu Undangan
Buat tamu undangan Anda merasa terkesan dengan sederet persiapan khusus yang Anda lakukan untuk mengantisipasi hujan. Anda mungkin sudah memberi saran kepada setiap tamu untuk membawa mantel dan payung pribadi lewat undangan atau pesan broadcast, tetapi berusaha untuk menyediakan sejumlah payung di dekat pintu masuk akan membuat mereka merasa lebih dihargai. Untuk membuatnya semakin menarik, berikan sentuhan yang lebih personal pada pemilihan desain dan warna payung agar sesuai dengan tema pernikahan Anda.

4. Manfaatkan Momentum Hujan dengan Sederet Aktivitas Menyenangkan
Cuaca buruk memang seketika mampu mengubah suasana hati, tetapi jangan sampai Anda terlalu larut dalam pemikiran bahwa hujan dapat seketika merusak rencana yang sudah Anda susun di hari bahagia. Karena faktanya, setiap pasangan bisa menyulap momentum tersebut menjadi suatu perayaan yang lebih unik dan menyenangkan. Misalnya saja, apabila hujan mulai turun di tengah pesta resepsi, Anda berdua bisa mengajak seluruh tamu undangan untuk menari bersama di bawah tetesan hujan sambil memegang payung. Mengambil sedikit waktu untuk mengadakan sesi foto romantis bersama pasangan di tengah rintikan hujan juga bisa menjadi salah satu ide yang brilian. Fotografer berpengalaman akan membantu Anda untuk menciptakan potret-potret yang kreatif, entah dengan refleksi air yang tercipta ataupun percikan air hujan sebagai estetika.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar