Anggaran Polres Sukoharjo 2023 Rp88 Miliar, Turun Dibandingkan Anggaran 2022

Polres Sukoharjo melakukan sosialisasi alokasi anggaran tahun 2023 di Hotel Sarila, Selasa (20/12/2022).

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Polres Sukoharjo menggelar sosialisasi alokasi anggaran tahun 2023 di Ruang Pertemuan Hotel Sarila, Sukoharjo, Rabu (20/12/2022). Sosialisasi tesebut merupakan bentuk pemantauan dan pendampingan transparansi anggaran. Sosialisasi tersebut dihadiri langsung Kapolres AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Forkopimda, perwakilan media, serta tamu undangan lainnya.

Untuk tahun 2023, Polres Sukoharjo mendapatkan anggaran Rp88 miliar. Jumlah tersebut mengalami penurunan dibandingkan tahun ini yang mendapatkan alokasi anggaran senilai Rp123 miliar. Terkait penurunan tersebut, Kapolres menyampaikan di tahun 2023 tidak ada belanja modal.

“Untuk tahun 2022 ini ada belanja modal senilai Rp35 miliar yakni pembangunan Mako Polres Sukoharjo. Tetapi karena pembangunan Mako Polres sudah selesai, maka tidak ada lagi belanja modal tahun depan,” jelas AKBP Wahyu.

Dalam sosialisasi tersebut, Kapolres menyampaikan anggaran Rp88 miliar meliputi Belanja Pegawai Rp64,9 miliar dan Belanja Barang Rp23,5 miliar.

“Anggaran yang tercantum dalam DIPA adalah dana untuk kepentingan Satker (Satuan Kerja), dimana penggunaannya adalah untuk mendukung kegiatan operasional Polri. Saya berharap dengan adanya dukungan anggaran dari negara ini, kinerja jajaran Polres dan Polsek untuk melayani masyarakat tidak boleh surut dan justru semakin baik,” tegas AKBP Wahyu.

Kapolres mengungkapkan bahwa anggaran yang digunakan Polres Sukoharjo tersebut berasal dari uang rakyat, sehingga anggaran tersebut harus digunakan sesuai peruntukannya dan harus dipertanggungjawabkan dengan amanah.

“Kami berharap dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat dan Forkopimda dapat menjadi hal positif terkait keterbukaan Polri dalam pengelolaan anggaran,” ujarnya.

Kapolres menambahkan, dengan adanya sosialisasi ini diharapkan masyarakat dapat turut serta dalam pengawasan penggunaan anggaran Polres Sukoharjo.

“Jadi dengan keterbukaan ini diharapkan masyarakat ikut mengawasi penggunaan dana yang dikelola Polres Sukoharjo,” katanya.

Kapolres memerintahkan kepada setiap bagian, satuan fungsi, hingga Polsek untuk memajang alokasi anggaran yang diserap oleh masing-masing satuan. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar