Android 14 Menghadirkan Kontrol Atas Notifikasi Layar Penuh

Andorid 14. (Foto: How-To Geek viz Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Google baru-baru ini merilis versi beta Android 14 untuk smartphone Pixel, dengan fitur dan peningkatan baru yang menarik. Salah satu perubahan yang paling menonjol adalah kemampuan pengguna untuk memblokir aplikasi agar tidak menggunakan notifikasi layar penuh.

Dilansir dari Gizmochina, Minggu (16/4/2023), fitur ini merupakan peningkatan signifikan bagi pengguna Android yang sebelumnya tidak memiliki kendali atas notifikasi layar penuh, yang dapat mengganggu, terutama saat ponsel terkunci. Misalnya, saat alarm berbunyi, pengguna tidak dapat melihat konten lain di layar kunci.

Namun, dengan Android 14, pengguna dapat menghentikan notifikasi layar penuh untuk aplikasi seperti WhatsApp, dan notifikasi panggilan suara dan video akan muncul dalam format yang sama dengan notifikasi lainnya. Hal ini memungkinkan pengguna memperluas notifikasi untuk mengakses tombol ‘Jawab’ dan ‘Tolak’, sehingga tidak terlalu mengganggu.

Fitur baru dapat ditemukan di Settings » Apps » Special App Access » Manage Full-Screen Intents. Pengguna akan melihat daftar semua aplikasi yang saat ini menggunakan notifikasi layar penuh, dengan tombol sakelar untuk setiap aplikasi yang aktif secara default. Pengguna dapat dengan mudah mematikan tombol sakelar untuk aplikasi apa pun yang mereka tidak ingin menggunakan notifikasi layar penuh, memaksa aplikasi untuk kembali ke notifikasi biasa.

Untuk mengunduh Android 14 Beta 1, pengguna dapat mengunjungi situs web Android Beta untuk Pixel dan memverifikasi apakah ponsel Pixel mereka memenuhi persyaratan program beta. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa ini adalah versi beta, dan mungkin berisi bug dan masalah, jadi tidak disarankan untuk menginstalnya di perangkat utama Anda. Pengguna juga harus memastikan bahwa semua data mereka dicadangkan sebelum memulai pembaruan. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar