Anda Mengalami Keratosis Pilaris? Simak Berikut ini

Mengenal Keratosis Pilaris (Foto:Alomedika)

Sukoharjonews.com – Jika Anda menderita keratosis pilaris (KP), Anda mungkin melihat dan merasakan benjolan kecil yang kasar di lengan atas, paha, atau bokong. KP tidak berbahaya atau menular, tetapi bisa mengganggu. Anda tidak dapat menyembuhkan atau mencegah KP. Namun, Anda dapat mengatasinya dengan perawatan kulit yang tepat, pelembap yang dijual bebas, dan perawatan topikal yang diresepkan dokter.

Dilansir dari GoodRX, Minggu (13/10/2024), KP sangat umum sehingga dianggap sebagai variasi dari kulit normal . Kebanyakan orang mengatakan warnanya seperti kulit ayam yang dicabuti dan terasa seperti ampelas kasar. KP bisa berwarna kemerahan atau ungu pada warna kulit yang lebih terang, berwarna gelap pada warna kulit yang lebih gelap, atau bisa menyatu dengan warna kulit Anda.

Tempat yang paling sering terkena KP adalah lengan luar, paha, dan bokong. Namun, KP juga dapat menyerang area lain, seperti wajah. Sebagian orang merasa gatal atau iritasi. Namun, KP tidak berbahaya atau menular.

Apa penyebab keratosis pilaris?
Akar penyebab KP adalah penumpukan keratin di folikel rambut, akibat sel kulit mati. Dalam beberapa kasus, sumbatan keratin tampak seperti jerawat. Tidak seperti jerawat yang sebenarnya, sumbatan ini tidak mengandung bakteri di permukaan kulit.

Alasan pasti penumpukan keratin tidak diketahui. Namun, hal itu mungkin terkait dengan perubahan fungsi penghalang kulit Anda . KP bukanlah masalah autoimun, infeksius, atau dipicu oleh makanan tertentu. Kondisi ini sering dikaitkan dengan eksim . Kondisi ini cenderung memburuk di musim dingin atau dalam kelembapan rendah saat kulit Anda cenderung lebih mudah kering. Kondisi ini juga dikaitkan dengan ukuran tubuh yang lebih besar.

Siapa yang terkena keratosis pilaris?
KP sangat umum terjadi. Kondisi ini memengaruhi hingga 80% remaja dan 40% orang dewasa. Kondisi ini diturunkan dalam keluarga dan dikaitkan dengan beberapa kondisi genetik. Kondisi ini lebih umum terjadi pada orang dengan kulit kering dan eksim. (patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar