Anak Rewel dan Susah Makan Makanan Sehat? Ikuti Cara Berikut

Mengatasi anak susah makan. (Foto: gettyimages)

Sukoharjonews.com – Bagi banyak orang tua, perjuangan untuk membuat anak mereka mengonsumsi makanan sehat terasa seperti perjuangan yang berat. Sepertinya anak-anak memiliki keengganan alami terhadap apa pun yang hijau atau bergizi. Namun, penelitian menunjukkan bahwa perilaku pilih-pilih makanan ini sebenarnya lebih umum daripada yang kita pikirkan. Meskipun orang tua mudah merasa frustrasi atau khawatir ketika anak mereka menolak sayur atau buah, penting untuk diingat bahwa perilaku ini normal secara perkembangan dan seringkali bersifat sementara.


Dengan menawarkan berbagai rasa dan tekstur di atas piring dan melibatkan anak-anak dalam proses perencanaan atau persiapan makan, Anda dapat memupuk kegembiraan seputar makan sehat sejak usia dini. Selain itu, menanamkan kebiasaan makan yang sehat pada anak dapat membantu pertumbuhan dan perkembangannya. Dikutip dari Healthshots, pada Rabu (23/8/2023), berikut cara atasi anak rewel dan susah makan makanan sehat:

1. Mengatur pola makan pada anak
Untuk menjaga nutrisi yang optimal dan mencegah perubahan suasana hati pada anak , penting untuk menciptakan rutinitas makan yang terstruktur yang terdiri dari tiga kali makan, dua kali snack, dan asupan cairan yang cukup setiap tiga sampai empat jam. Dengan secara proaktif merencanakan waktu istirahat makan secara teratur, Anda dapat memastikan pola makan anak Anda tetap seimbang sekaligus meminimalkan keributan mereka.


2. Pelan-pelan saat mengenalkan makanan baru pada anak
Wajar jika anak-anak tidak menyukai rasa yang tidak biasa. Saya selalu mengingatkan anak-anak saya bahwa terkadang selera mereka perlu waktu untuk beradaptasi sebelum mereka dapat menghargai rasa makanan tertentu. Jika Anda yakin bahwa anak Anda tidak menerima nutrisi yang cukup, segera diskusikan dengan dokter anak Anda.

3. Jangan menghakimi perilaku makan anak-anak Anda
Usahakan untuk menjaga sikap netral dan menghindari berkomentar tentang jenis atau jumlah makanan yang mereka konsumsi. Ingatlah bahwa Anda telah memenuhi peran Anda sebagai orang tua dengan menyajikan makanan bergizi , dan kini terserah pada anak Anda untuk memutuskan apa yang mereka makan. Jika Anda berperan sebagai diktator makanan dengan terus-menerus menginstruksikan mereka untuk menghabiskan sayurannya, kemungkinan besar Anda akan mendapat tentangan dari anak Anda.


4. Berkreasilah dengan topping
Tambahkan keseruan pada makanan bergizi dengan berkreasi dengan topping . Anak-anak akan senang dan pasti akan terlibat dalam makan makanan sehat.

5. Manjakan mereka dengan makanan kesukaannya
Mereka harus diperbolehkan makan makanan favoritnya seperti pizza, burger, kentang goreng, keripik, atau kue sesekali. Ambillah bantuan dari seorang ahli yang dapat membimbing Anda mengenai cara membantu anak-anak mengembangkan pendekatan positif terhadap pola makan yang baik.


6. Kembangkan keterampilan kuliner anak Anda
Lakukan dengan melibatkan anak Anda dalam proses memilih atau menyiapkan makanan, maka minat mereka untuk mengonsumsi apa yang telah mereka kontribusikan akan tumbuh. Ajak mereka jalan-jalan ke supermarket di mana mereka dapat memilihkan sendiri barang-barang hasil bumi untuk Anda. Jika usianya sesuai, beri mereka izin untuk mengiris sayuran dan memasukkannya ke dalam salad. Dengan cara ini, mereka akan mengembangkan minat dalam memasak dan juga makan.

Dengan mengingat tip-tip ini, Anda mungkin dapat membantu anak Anda mengembangkan kebiasaan makan yang baik. Jika anak Anda masih belum makan dengan sehat, konsultasikan dengan dokter anak untuk mengetahui apakah ada masalah yang mendasarinya.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *