Anak Muntah Karena Masuk Angin? Simak Ini Cara Mengatasinya

Penyebab Thalasemia pada anak.(Foto:mooimom)

Tips atasi masuk angin pada anak.(Foto: kompas)

Sukoharjonews.com – Usia anak yang semakin bertambah, membuat perkembangannya juga semakin pesat. Mereka akan lebih aktif bermain di luar ruangan dan berinteraksi dengan teman-temannya. Namun, hal ini membuat anak rentan mengalami masuk angin. Salah satu gejala masuk angin pada anak adalah muntah.

Dilansir dari pyfahealth, Minggu (13/10/2024), masuk angin pada anak biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti anak kurang asupan gizi, menghabiskan waktu bermain di luar dalam cuaca dingin atau hujan, dan lainnya. Untuk mengatasinya, berikut cara mengatasi anak muntah karena masuk angin secara alami.

1. Menghangatkan tubuh anak
Menghangatkan tubuh anak dengan minyak kayu putih atau balsam anak merupakan cara efektif untuk mengatasi masuk angin pada anak. Caranya, usapkan pada bagian dada, perut, punggung, pergelangan, dan telapak kaki anak. Dengan begitu, anak akan merasa hangat dan nyaman sebelum tidur. Namun, jika anak merasa mual setelah mencium aroma minyak kayu putih, gunakan salep dengan aroma mint sebagai alternatif.

2. Menggunakan bawang merah
Bawang merah merupakan salah satu bahan alami yang efektif untuk mengatasi masuk angin pada anak. Selain itu, bahan alami ini juga sangat mudah ditemukan di rumah. Salah satu cara untuk menghangatkan tubuh anak adalah dengan menggeprek bawang putih. Setelah itu, campurkan ke minyak kayu putih, oleskan dan usapkan pada dada, perut, dan punggung anak.

3. Memberikan sup ayam
Ketika mengalami masuk angin, anak biasanya sulit makan. Untuk menyiasatinya, ibu bisa memberikan sup ayam pada anak. Tidak hanya digunakan sebagai obat tradisional, penelitian bahkan menemukan bahwa sup ayam juga memiliki sifat antiinflamasi.

Sup ayam juga memiliki temperatur yang hangat, sehingga bermanfaat untuk membantu melonggarkan lendir di saluran hidung. Selain digunakan untuk mengatasi masuk angin, sup ayam juga dapat memberikan rasa kenyang pada anak.

4. Mengonsumsi minuman jahe

Bahan alami lainnya yang bermanfaat untuk mengatasi masuk angin pada anak adalah jahe. Jahe dikenal sejak lama memiliki khasiat untuk menghangatkan tubuh, mengurangi berbagai gejala masuk angin, seperti pusing, mual, batuk, dan muntah, serta mengobati gangguan pencernaan, seperti perut kembung.

Alternatif lainnya adalah mengonsumsi jahe yang sudah dipotong-potong atau mencampurkannya dengan minuman hangat untuk membantu mengatasi perut kembung, sehingga dapat mendorong gas dalam perut keluar, seperti dikutip dari Alyssa Jung, seorang ahli kesehatan. Agar lebih nikmat, coba sajikan jahe dengan segelas teh hangat atau membuat minuman jahe yang telah direbus dengan gula merah.

5. Penuhi kebutuhan cairan tubuh anak
Salah satu penyebab masuk angin adalah daya tahan tubuh lemah. Daya tahan tubuh yang lemah bisa karena kurang cairan. Oleh karena itu, pastikan kebutuhan cairan tubuh anak terpenuhi. Berikan air putih yang cukup pada si kecil agar terhindar dari dehidrasi. Ketika tubuh anak terhidrasi dengan baik, maka daya tahan tubuhnya bisa terjaga.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar