Alasan Minyak Kacang Bagus untuk Kesehatan Tubuh

Minyak kacang bangus untuk tubuh, (Foto: Minyak kutus)

Sukoharjonews.com – Minyak goreng adalah sesuatu yang kita gunakan sehari-hari. Sulit membayangkan sehari tanpanya di dapur kita, bukan? Meskipun ada banyak minyak goreng yang tersedia di pasaran, hanya sedikit minyak goreng yang menjanjikan kesehatan dan nutrisi. Salah satu minyak goreng yang menjadi terkenal dalam beberapa tahun terakhir adalah minyak kacang tanah.


Semakin banyak orang yang beralih ke minyak ini dan karena alasan yang tepat. Anda akan dengan mudah menemukannya di toko kelontong bahkan di rumah beberapa orang. Lantas, apa yang membuatnya lebih sehat dibandingkan minyak goreng lainnya? Apa manfaatnya bagi kesehatan kita? Dikutip dari NDTV Food, yang dilansir dari beberapa sumber, pada Minggu (26/11/2023), inilah jawaban mengapa minyak kacang harus ditambahkan dalam diet Anda:

1. Baik untuk Kesehatan Jantung
Salah satu keuntungan utama memasak dengan minyak kacang adalah baik untuk jantung Anda. Pasalnya, minyak kacang tanah mengandung lemak tak jenuh tunggal yang tinggi sehingga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sebuah studi yang diterbitkan oleh National Institutes of Health (NIH) menunjukkan bahwa memasukkan minyak kacang ke dalam makanan Anda membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular pada hamster emas Suriah.


2. Dapat Meningkatkan Sensivitas Insulin
Tahukah Anda bahwa minyak kacang juga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin ? Pasalnya, lemak tak jenuh tunggal yang ada pada minyak ini membantu memperlambat penyerapan gula di saluran pencernaan. Hal ini tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah secara tiba-tiba dan dengan demikian meningkatkan sensitivitas insulin. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan NIH, tikus penderita diabetes yang diberi makan minyak kacang menunjukkan kadar gula darah yang lebih rendah secara signifikan.

3. Membantu Mengurangi Jerawat
Minyak kacang juga dapat membantu mengurangi masalah terkait jerawat. Minyak ini diperkaya dengan antioksidan dan juga memiliki sifat antibakteri. Karenanya, ini membantu melawan peradangan pada kulit dan memberikan tekstur yang lebih halus. Tapi bukan itu saja. Minyak kacang juga memiliki sifat anti penuaan dan dapat membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. Jadi, silakan sertakan sedikit minyak kacang dalam makanan Anda. Anda bahkan dapat menerapkannya secara topikal.


4. Membantu Menurunkan Berat Badan
Minyak sering kali memiliki reputasi buruk karena menyebabkan penambahan berat badan. Namun, minyak kacang menawarkan hal sebaliknya, yakni membantu penurunan berat badan . Ini mengandung lemak spesifik yang disebut asam oleat yang membantu menekan nafsu makan. Dengan cara ini, Anda akhirnya mengonsumsi lebih sedikit kalori dan dengan demikian menurunkan berat badan. Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard TH Chan School of Public Health mengklaim bahwa mereka yang mengonsumsi minyak kacang memiliki peluang lebih besar untuk membalikkan laju metabolisme mereka.

5. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut
Bosan berinvestasi pada produk perawatan rambut yang mahal? Nah, berhentilah melakukannya, karena minyak kacang dapat mengatasi semua masalah yang berhubungan dengan rambut Anda . Minyak kacang merupakan sumber vitamin E yang sangat baik, dan ini membantu menjaga rambut Anda berkilau dan sehat. Ini juga membantu memperkuat folikel rambut dan mengurangi efek kerusakan yang disebabkan oleh penggunaan produk panas. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ini juga membantu mencegah ketombe.


Sekarang setelah Anda mengetahui manfaat luar biasa dari minyak kacang bagi kesehatan, gunakanlah untuk memasak dan lihat bagaimana minyak tersebut mengubah kesehatan Anda secara keseluruhan.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *