Alasan Asam Jawa Menjadi Pilihan Minuman untuk Menurunkan Berat Badan

Asam jawa untuk turunkan berat badan.(Foto: umsu)

Sukoharjonews.com – Asam jawa yang juga dikenal dengan nama imli telah menjadi favorit banyak orang sejak kecil. Disukai karena rasanya yang tajam, ini merupakan bahan umum dalam beberapa resep dan juga dinikmati dalam bentuk permen. Namun, pernahkah Anda terpikir untuk memiliki airnya? Ramuan ajaib ini memiliki beberapa manfaat kesehatan dan juga dapat membantu menurunkan berat badan.


Dikutip dari NDTV Food, pada Kamis (30/5/2024), berikut alasan mengapa asam jawa cocok dijadikan untuk minuman yang dapat membantu menurunkan berat badan:

1. Rendah Kalori
Air asam jawa rendah kalori. Menurut Departemen Pertanian AS (USDA), satu asam jawa hanya memiliki sekitar lima hingga enam kalori. Namun, jika Anda ingin menambahkan pemanis atau bumbu apa pun ke dalam air, jumlah kalorinya mungkin berbeda-beda.

2. Meningkatkan Metabolisme
Air asam jawa juga bagus untuk meningkatkan metabolisme Anda. Ketika kita memiliki metabolisme yang baik, kita membakar kalori lebih cepat, sehingga membantu penurunan berat badan. Menurut National Institutes of Health (NIH), kehadiran flavonoid dan polifenol dalam asam jawa membantu mencapai hal ini.


3. Kaya Serat
Makanan berserat tinggi adalah makanan yang wajib dimiliki dalam diet penurunan berat badan . Asam jawa adalah sumber serat yang sangat baik dan akan membantu meningkatkan rasa kenyang. Memasukkan air ini ke dalam makanan sehari-hari Anda dapat membantu mengendalikan nafsu makan dan membantu penurunan berat badan.

4. Baik untuk Pencernaan
Kesehatan pencernaan sangat penting untuk menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan asam jawa memiliki sifat pencahar, yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda. Pencernaan yang lancar memastikan masalah yang berhubungan dengan perut terhindar, berkontribusi pada tujuan penurunan berat badan jangka panjang.


5. Kaya Antioksidan
Alasan lain mengapa Anda harus minum air asam jawa adalah karena kaya akan antioksidan. Menurut ahli gizi yang berbasis di Delhi, Lokendra Tomar, “Asam mengandung asam tartarat, yang merupakan antioksidan kuat yang menghambat pertumbuhan radikal bebas dalam tubuh.” Pola makan yang kaya antioksidan memastikan tingkat metabolisme Anda tetap sehat, sehingga mendorong penurunan berat badan.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *