Camilan Sehat Bagi Ibu Hamil

Camilan sehat untuk ibu hamil. (Foto: baby center)

Sukoharjonews.com – Saat hamil, para ibu mengalami fluktuasi hormon. Satu hal yang paling mungkin dirasakan ibu hamil akibat naik turunnya hormon yaitu perubahan napsu makan. Apalagi ketika hamil, para ibu sering mengalami kondisi mengidam atau menginginkan sesuatu.


Mual atau muntah setelah makan juga umum terjadi pada ibu hamil. Ibu hamil mungkin juga direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan ringan untuk mengatasi rasa mual dan lapar. Oleh karena itu, mengutip dari WebMD, pada Sabtu (4/3/2023) berikut camilan yang sehat bagi ibu hamil:

1. Yogurt dengan Buah dan Kacang
Usahakan untuk mengonsumsi tiga porsi susu rendah lemak setiap hari, sehingga Anda dan bayi mendapatkan cukup kalsium untuk tulang dan gigi yang kuat. Yoghurt Yunani memiliki lebih banyak protein daripada yogurt biasa, dan mungkin lebih mengenyangkan. Yoghurt polos memiliki lebih sedikit gula daripada rasa, tetapi keduanya sehat. Taburkan 1 hingga 2 sendok makan kacang untuk protein dan serat. Taburi dengan buah-buahan, seperti beri, persik potong dadu dalam jus buah 100%, atau kismis.


2. Smoothie
Mulailah dengan yogurt atau susu sebagai bahan dasar untuk salah satu sajian susu harian Anda. Jus buah memiliki terlalu banyak kalori kosong. Kemudian tambahkan pisang atau beri. (Gunakan yang beku untuk membuat smoothie Anda lebih kental.) Jika Anda memasukkan bayam atau seledri segar, Anda bahkan tidak akan merasakannya, dan Anda akan menambahkan vitamin dan serat ekstra. Satu sendok selai kacang memberi Anda protein. Bubuk kakao bisa membuatnya menjadi cokelat tanpa terlalu manis.

3. Kacang dan Keju
Saat Anda membutuhkan camilan yang penuh tenaga, pilih kombinasi kacang dan keju keras yang kaya protein, seperti cheddar, Edam, gouda, Parmesan, atau Swiss. (Beberapa keju lunak mungkin mengandung listeria, bakteri yang dapat membahayakan bayi Anda.) Kacang mengandung serat, dan keju mengandung kalsium. Tambahkan kerupuk gandum jika Anda suka. Untuk perjalanan, ambil sebungkus almond dan stik mozzarella yang dibungkus.


4. Setengah sandwich tuna
Aturan baru mengatakan tidak apa-apa bagi wanita hamil untuk makan dua sampai tiga porsi ikan per minggu. Tuna ringan kaya protein, rendah merkuri, merupakan sumber asam lemak omega-3 dan DHA yang baik, yang membantu perkembangan otak bayi Anda. Untuk tambahan serat dan lemak sehat, pasangkan dengan alpukat di atas gandum utuh. Jika Anda sedang dalam perjalanan, bawalah satu kantong tuna yang tertutup rapat dan sekantong kerupuk gandum untuk membuat camilan segar di mana saja.


5. Coklat dan Buah
Suka konsumsi cokelat? Kabar baik: Ini dapat menurunkan risiko preeklamsia, suatu kondisi yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan kerusakan organ pada beberapa wanita hamil. Pasangkan coklat ukuran kecil yang menyenangkan dengan buah, atau pilihlah buah berlapis cokelat, agar camilan Anda tidak terlalu manis. Puding coklat yang dibuat dengan susu rendah lemak akan meningkatkan asupan susu Anda dan membantu membangun tulang bayi Anda. Yoghurt cokelat juga memiliki bakteri untuk membantu usus Anda.

Itulah beberapa camilan sehat yang dapat dikonsumi oleh ibu hamil. (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *