Deretan Kebiasaan Minum di Pagi Hari Ini Ternyata Dapat Menjaga Kesehatan Usus

Minuman menjaga kesehatan usus. (Foto: pexels)

Sukoharjonews.com – Sama halnya seperti organ tubuh lainnya, organ usus merupakan hal yang sama pentingnya untuk dijaga. Karena itu, penting bagimu untuk menjaga kesehatan usus dengan menerapkan kebiasaan yang baik. Salah satunya dengan kebiasaan minum di pagi hari.


Dilansir dari Eat This, Not That, Minggu (19/2/2023), ada beberapa kebiasaan minum yang dapat menjaga kesehatan usus kita. Hal ini sangat mudah dan sepele namun sangat bermanfaat,mau tahu ? simak yuk


1. Minum Banyak Air Putih
Kebiasaan minum air putih di pagi hari merupakan langkah awal yang baik untuk memulai hari. Apalagi mengingat bahwa seseorang akan mengalami dehidrasi saat bangun, dan dehidrasi dapat menyebabkan sembelit. Karena itulah, minum air putih di pagi hari juga dapat menjadi cara yang bagus untuk menjaga kesehatan usus.


2. Konsumsi Kefir
Kandungan probiotik tak hanya bisa didapatkan melalui yogurt, tetapi juga pada minuman kefir.kefir merupakan produk susu fermentasi yang kandungan probiotiknya dapat membantu mikrobioma usus yang sehat. Hal ini dapat terjadi karena probiotik dalam kefir dapat membantu usus dengan memasukkan spesies bakteri baru ke dalam saluran pencernaan, dan membantu bakteri menguntungkan yang ada tumbuh pada tingkat yang lebih sehat.

3. Minum Secangkir Kopi
Bagi kamu pecinta kopi, secangkir kopi di pagi hari ternyata dapat membantu menyehatkan usus. Minum kopi diketahui dapat mempengaruhi komposisi mikrobioma usus.Namun penting untuk diingat agar tidak mengonsumsi kopi secara berlebihan. Mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat menyebabkan perasaan cemas


4. Minum Minuman Berserat
Meminum minuman berserat di pagi hari dapat menjaga kesehatan ususmu. Beberapa jus mengandung serat yang dapat kamu minum seperti jus prune dan beberapa jus yang berbasis tomat. Sementara itu, minum suplemen serat yang dicampur ke dalam air atau jus dapat membantumu memulai hari dengan dosis serat.

5. Minum Smoothie
Minum smoothie di pagi hari dapat menjadi hal yang menyegarkan harimu sekaligus menyehatkan usus. Gunakan buah-buahan kaya serat seperti campuran berry dan sertakan biji rami atau biji chia untuk menambah nutrisi dan serat.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *