Ragam  

24 Barung Putra-Putri Ikuti Pesta Siaga Kwarcab di SMPN 2 Polokarto

Pengurus Kwarcab, Kwartir dan peserta Pesta Siaga foto bersama Bunda Waka Mabicab, Etik Suryani, Sabtu (7/3/2020).

Sukoharjonews.com (Polokarto) – Sebanyak 24 barung putra putri mengikuti kegiatan Pesta Siaga Kwarcab 2020 yang digelar di SMPN 2 Polokarto. Pesta Siaga Kwarcab tersebut digelar dengan tujuan untuk menambah persaudaraan, pengetahuan, keterampilan, patriotisme dalam wadah kegiatan yang kreatif, rekreatif, inovatif dan produktif. Pesta Siaga Kwarcab Sukoharjo 2020 mengambil tema “cerdas, berkarakter, ceria”.



Ketua Panitia Pesta Siaga Kwarcab Sukoharjo, Daimatu Rokhmah menyampaikan, peserta pesta siaga merupakan barung putra putri perwakilan dari setiap kwartir ranting se-Sukoharjo yang berjumlah 12 ranting. “Dari 24 barung yang mengikuti pesta siaga, terdiri dari 240 anak putra-putri,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan antara lain ketaqwaan, kerapian berpakaian, baris berbaris, pesan berantai, scouting skill, bola pantul, pentas budaya, puisi pramuka, tokoh dan pahlawan, bumbung kemanusiaan, serta kebersihan lingkungan. Dalam Pesta Siaga Kwarcab tersebut akan diambil Barung tergiat 1, 2, dan 3 yang kemudian berhak mewakili Kwarcab Sukoharjo maju ke tingkat Binwil Surakarta. Rencananya, Binwil Surakarta akan digelar pada 21 Maret mendatang di SMAN 2 Wonogiri.

Sedangkan Bunda Waka Mabicab Sukoharjo, Etik Suryani berpesan agar kesempatan tersebut dapat digunakan untuk saling mengenal sehingga persahabatan, persaudaraan, persatuan dan kesatuan dapat tercipta. Dalam Dwi Darma Pramuka sudah disebutkan bahwa Siaga berbakti pada ayah bundanya, Siaga berani dan tidak putus asa. Untuk itu diharapkan darma tersebut diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Untuk pembina pendamping, karena namanya Pesta Siaga, sehingga yang berpesta adalah para Siaga, bukan pada pembinanya. Berikanlah kemandirian pada para Siaga,” pesan Etik. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *