Ragam  

TP PKK Ajak Tingkatkan Kesehatan Dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Ketua TP PKK Sukoharjo Etik Suryani saat menandatangani komitmen dukungan bersama pelaksanaan gerakan masyarakat hidup sehat tahun 2018.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Seluruh komponen masyarakat harus berperan aktif dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menerepkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Hal itu disampaikan Ketua TP PKK Sukoharjo Etik Suryani dalam acara “Kampanye Gerakan Hidup Sehat” bersama anggota DPRD Provinsi Jateng Sumarsono di Hotel Sarila, Sabtu (17/11).



Dalam kegiatan tersebut, Etik Suyani mengajak masyarakat untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Selain itu, sebagai wujud dari gerakan masyarakat (Germas) bisa melakukan tujuh indikator. Antaraa lain melakukan aktifitas fisik yang teratur dan terukur, mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin dan membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban sehat.

“Sebagai Kader PKK yang didalamnya terdapat para Kader Posyandu, harus dapat mendorong upaya hidup sehat di masyarakat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat,” ujarnya.

Etik juga berharap dengan adanya kampanye tersebut, para Kader PKK dan kader Posyandu agar dapat mengkampanyekan kembali dilingkungannya masing-masing agar dapat meningkatkan kesadaran kepada masyarakat tentang hidup sehat.

Sedangkan Plt Kepala Dinas Kesehatan Sukoharjo Yunia Wahdiyati mengatakan, serangkaian kegiatan dalam rangka kampanye Germas Hidup Sehat tersebut diisi dengan serangkaian acara seperti Talk show Germas, Pemeriksaan Kesehatan Gula Darah, kolestrol, serta makan buah bersama. ”Saran saya apabila hasil tes kesehatan disini tadi sudah selesai dilaksanakan dan diberitahukan, apabila ada gejala di hasil test, harapan kami segera tindaklanjuti memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat,” ujarnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments