8 Manfaat Minum Air Kelapa Saat Hamil yang Cukup Mengejutkan

Manfaat air kelapa untuk kehamilan. (Foto: Pinterest)

Sukoharjonews.com – Air kelapa mungkin menyegarkan dan lezat, namun ilmu pengetahuan belum secara pasti menghubungkannya dengan klaim kesehatan yang dramatis. Namun, produk ini mengandung beberapa nutrisi penting dan mungkin memiliki beberapa manfaat khusus kehamilan.

Dikutip dari Healthline, Senin (5/2/2024), berikut ini sejumlah manfaat minum air kelapa saat hamil:

1. Hidrat
Air kelapa adalah tentang 95% air murni . “(Air kelapa) dapat menjadi pilihan selama kehamilan, karena dapat menghidrasi dan menyediakan elektrolit,” kata ahli diet Alyssa Pike, RD, manajer komunikasi nutrisi untuk Dewan Informasi Makanan Internasional. Jika Anda merasa kering, minuman trendi ini bukanlah pilihan yang buruk untuk tetap terhidrasi.

Di sisi lain, tidak ada yang istimewa mengenai daya hidrasi air kelapa dibandingkan dengan H2O yang baik. “Air adalah standar emas untuk hidrasi dan lebih murah dibandingkan air kelapa,” Pike menekankan.

2. Menggantikan elektrolit yang hilang akibat mual di pagi hari
Ketika mual dan muntah membuat Anda tidak bisa menghitungnya, mungkin saja elektrolit dalam air kelapa dapat membantu menstabilkan sistem Anda. Wanita dengan hiperemesis gravidarum – suatu bentuk mual di pagi hari yang ekstrim – sering kali membutuhkan tambahan elektrolit untuk mengganti kehilangan akibat muntah yang berlebihan.

Air kelapa mengandung elektrolit berharga seperti kalium, natrium, dan magnesium.

3. Mengisi kembali cairan yang hilang
Demikian pula, jika mual di pagi hari membuat Anda berulang kali membuang kue, penting untuk mengisi kembali simpanan cairan tubuh. Air kelapa adalah salah satu minuman yang dapat dibuat tanpa banyak tambahan gula.

4. Dapat meredakan refluks asam
Sakit maag yang berhubungan dengan kehamilan ! Saat benjolan bayi Anda membesar, dan progesteron mengendurkan katup perut, cairan lambung mungkin menggelembung ke kerongkongan, menyebabkan rasa tidak nyaman dan sendawa asam yang menakutkan.

Beberapa wanita hamil bersumpah bahwa meminum air kelapa dapat meredakan refluks mereka. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim tersebut.

5. Mengandung beberapa nutrisi untuk perkembangan janin
Anda mungkin pernah mendengar betapa pentingnya vitamin dan mineral untuk pertumbuhan bayi Anda – oleh karena itu dokter Anda menyarankan untuk mengonsumsi vitamin prenatal Anda . Sampai batas tertentu, air kelapa bisa menambah campuran ini. Tergantung pada mereknya, zat gizi mikronya meliputi kalsium, kalium, dan magnesium.

Selama kehamilan, suplementasi magnesium telah dilakukan terkait dengan peningkatan berat badan lahir dan penurunan risiko preeklampsia. Kalsium adalah nutrisi lain yang harus diperhatikan: “Kalsium sangat penting untuk perkembangan tulang dan gigi,” catat Pike. Namun, dia mengingatkan, air kelapa bukanlah mikronutrien yang mencakup semua nutrisi untuk kehamilan.

Meskipun air kelapa mengandung sejumlah kecil mineral, penting untuk berkonsentrasi pada konsumsi makanan padat nutrisi yang kaya akan makanan utuh yang menyediakan nutrisi makro dan mikro yang diperlukan untuk kesehatan janin dan ibu.

6. Dapat menurunkan tekanan darah
Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi saat hamil , air kelapa bisa menjadi pilihan cerdas karena kandungan potasiumnya. Nutrisi ini dikenal sebagai kontributor untuk mengatur aliran darah dan tekanan darah. Satu studi kecil tahun 2005 bahkan menemukan bahwa minum air kelapa selama 2 minggu menurunkan tekanan darah sistolik pada 71 persen partisipan.

Tentu saja minuman buah ini tidak boleh digunakan sebagai pengganti pengobatan tekanan darah tinggi atau preeklamsia. Bicarakan dengan dokter Anda tentang pilihan pengobatan terbaik untuk kondisi ini.

7. Menjadikan pilihan cerdas pasca-latihan
Salah satu analisis penelitian menemukan bahwa air kelapa sama menghidrasinya dengan air biasa dalam memulihkan hidrasi setelah lama berolahraga – dan menawarkan hidrasi yang lebih lengkap daripada air yang mengandung sedikit natrium.

Meskipun kami berani bertaruh Anda tidak sedang lari maraton dengan roti di dalam oven (dan jika ya, selamat untuk Anda), air kelapa dapat memberikan rehidrasi yang menyegarkan setelah segala jenis olahraga jangka panjang yang ramah kehamilan . seperti berjalan atau berenang.
Karena air kelapa juga mengandung elektrolit dan beberapa karbohidrat, air kelapa juga dapat membantu keseimbangan hidrasi.

8. Memberi Anda pilihan mocktail yang lebih sehat
Saat sebotol margarita memanggil nama Anda, air kelapa adalah bahan dasar alternatif yang menyegarkan dan rendah kalori untuk membuat mocktail yang mewah. Tidak hanya non-alkohol, tapi juga relatif rendah karbohidrat pada 10 gram per 8 ons. (fadila-mg1/nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar