8 Manfaat Kesehatan dari Sup Tomat yang Penting Anda Ketahui

Manfaat kesehatan sup tomat. (Foto: Stocksy United)

Sukoharjonews.com – Tomat kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan senyawa tanaman yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Penelitian bahkan menunjukkan nutrisi ini dapat melindungi terhadap berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung dan kanker.

Dikutip dari Healthline, Senin (28/10/024), oleh karena itu, menikmati sup tomat dapat menjadi cara yang lezat untuk memanfaatkan manfaat kesehatan tomat secara maksimal. Anda dapat menikmati semangkuk sup hangat yang lezat saat cuaca dingin atau gazpacho yang menyegarkan di musim panas.

Berikut adalah 8 manfaat kesehatan sup tomat berdasarkan sains:

1. Sangat bergizi
Tomat (Solanum lycopersicum) memiliki kalori yang relatif sedikit, tetapi mengandung banyak nutrisi dan senyawa tanaman yang bermanfaat.

Tomat juga kaya akan karotenoid — yaitu likopen — yang menyediakan sekitar 80% dari DV untuk likopen. Likopen adalah pigmen yang memberi tomat warna merah cerah khasnya. Likopen juga dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, mengingat potensi efek pencegahannya terhadap berbagai penyakit kronis (4Sumber Tepercaya, 5Sumber Tepercaya).

Menariknya, penelitian menunjukkan bahwa tubuh menyerap likopen lebih baik saat dimasak. Panas dapat meningkatkan bioavailabilitas atau tingkat penyerapannya.

2. Kaya akan antioksidan
Antioksidan adalah senyawa yang membantu menetralkan efek berbahaya dari stres oksidatif. Hal ini terjadi ketika molekul perusak sel yang disebut radikal bebas terakumulasi dalam tubuh.

Sup tomat merupakan sumber antioksidan yang sangat baik, termasuk likopen, flavonoid, dan vitamin C dan E, di antara banyak lainnya.

Mengonsumsi antioksidan telah dikaitkan dengan risiko kanker dan penyakit terkait peradangan yang lebih rendah, seperti obesitas dan penyakit jantung.

Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa aksi antioksidan dari vitamin C dan flavonoid dapat membantu melindungi terhadap diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan penyakit otak.

3. Mungkin memiliki khasiat melawan kanker
Tomat banyak diteliti karena khasiatnya dalam melawan kanker karena kandungan likopennya yang tinggi. Tomat mungkin sangat efektif melawan kanker prostat dan payudara.

Kanker prostat merupakan penyebab kematian terkait kanker kelima di dunia, dan kanker kedua yang paling banyak didiagnosis di kalangan pria.

Beberapa penelitian telah menemukan hubungan langsung antara asupan likopen yang tinggi, khususnya dari tomat yang dimasak, dan penurunan risiko kanker prostat.

Penelitian menunjukkan bahwa likopen dapat menyebabkan kematian sel kanker. Likopen juga dapat memperlambat pertumbuhan tumor dalam suatu proses yang disebut antiangiogenesis.

Mengonsumsi karotenoid dalam kadar yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara hingga 28%. Karotenoid ini meliputi alfa karoten, beta karoten, dan likopen

Meskipun hasil ini menjanjikan, bukti menunjukkan bahwa likopen tidak cukup ampuh untuk digunakan sebagai obat antikanker.

4. Meningkatkan kesehatan kulit dan penglihatan
Menikmati semangkuk sup tomat juga dapat bermanfaat bagi mata dan kulit Anda.

Terkait kesehatan kulit, beta karoten dan likopen dapat melindungi Anda dari sengatan matahari dengan menyerap sinar ultraviolet (UV) untuk meningkatkan pertahanan kulit terhadap kerusakan akibat sinar UV.

Misalnya, peneliti dalam satu penelitian memberi 149 orang dewasa yang sehat suplemen yang mengandung 15 mg likopen, 0,8 mg beta karoten, dan beberapa antioksidan tambahan.

Penelitian tersebut menemukan bahwa suplemen tersebut secara signifikan melindungi kulit peserta dari kerusakan akibat sinar UV.

Namun, meskipun penelitian menunjukkan bahwa hal ini memiliki beberapa manfaat bagi kulit Anda, ini tidak berarti bahwa Anda harus mengubah rutinitas perawatan kulit pelindung matahari yang biasa Anda lakukan.

Makanan seperti tomat yang kaya akan karotenoid dan vitamin A juga dapat bermanfaat bagi kesehatan mata.

Mengonsumsi tomat telah dikaitkan dengan penurunan risiko degenerasi makula terkait usia, atau hilangnya penglihatan yang terjadi seiring bertambahnya usia.

Sekali lagi, efek perlindungannya tampaknya berasal dari sifat antioksidannya, yang mengurangi stres oksidatif di makula, bagian penting mata. Selain itu, tubuh mengubah beta karoten menjadi retinol, senyawa penting untuk penglihatan.

5. Meningkatkan kesehatan tulang
Osteoporosis adalah penyakit kronis yang ditandai dengan meningkatnya kerapuhan tulang dan fraktur. Penyakit ini dianggap sebagai salah satu komplikasi terpenting pascamenopause

Penelitian menunjukkan bahwa likopen berperan penting dalam mengatur metabolisme tulang dengan meningkatkan kepadatan mineral tulang, yang mengurangi risiko fraktur (32Sumber Tepercaya).

Aspek lain dari metabolisme tulang meliputi keseimbangan antara sel yang disebut osteoblas dan osteoklas. Osteoblas bertugas membangun tulang, sedangkan osteoklas bertanggung jawab atas kerusakan dan resorpsi tulang.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa likopen juga memengaruhi metabolisme tulang dengan merangsang aktivitas osteoblas untuk membangun tulang sekaligus mengurangi aktivitas kerusakan osteoklas.

6. Dapat mengurangi risiko penyakit jantung
Konsumsi tinggi produk tomat dapat mengurangi kadar kolesterol total dan LDL (jahat) — dua faktor risiko utama penyakit jantung. Efek ini mungkin berkat kandungan likopen dan vitamin C pada tomat.

Baik likopen maupun vitamin C mencegah oksidasi kolesterol LDL. Oksidasi kolesterol LDL merupakan faktor risiko aterosklerosis. Likopen juga menurunkan penyerapan kolesterol di usus dan meningkatkan fungsi kolesterol HDL (baik) dalam tubuh.

Selain itu, karotenoid dalam tomat dapat membantu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung.

7. Dapat meningkatkan kesuburan pria
Stres oksidatif merupakan penyebab utama infertilitas pria. Stres oksidatif dapat menyebabkan kerusakan sperma yang menyebabkan penurunan viabilitas dan motilitas sperma.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen likopen dapat menjadi pengobatan kesuburan yang potensial. Hal ini karena sifat antioksidan likopen dapat meningkatkan peluang menghasilkan jumlah sperma sehat yang lebih banyak.

Satu penelitian pada 44 pria dengan infertilitas menyimpulkan bahwa mengonsumsi produk tomat komersial, seperti jus tomat atau sup, secara signifikan meningkatkan kadar likopen dalam darah, sehingga meningkatkan motilitas sperma.

Selain itu, satu penelitian pada hewan menemukan bahwa likopen dapat mengurangi kerusakan akibat terapi radiasi. Kerusakan ini sering ditandai dengan penurunan jumlah sperma.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh
Beberapa budaya menggunakan sup tomat sebagai obat rumahan untuk flu biasa. Faktanya, kandungan vitamin C dan karotenoidnya dapat merangsang sistem kekebalan tubuh Anda.

Penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu mencegah flu biasa dan mengurangi durasi serta tingkat keparahan gejala flu. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar