7 Tips Perawatan Kulit yang Digunakan oleh Dermatologi

Tips perawatan kulit oleh Dermatologi. (Foto: Pinterest)

Sukoharjonews.com – Pernahkah Anda bertanya-tanya tips perawatan kulit apa yang digunakan dokter kulit untuk menjaga kesehatan kulit? Dokter kulit bersertifikat adalah ahli dalam bidang kulit, rambut, dan kuku, mendiagnosis dan mengobati lebih dari 3.000 penyakit dan kondisi, termasuk kanker kulit, jerawat, psoriasis, dan eksim. Tapi, pernahkah Anda bertanya-tanya apa saja tips perawatan kulit yang digunakan para dokter kulit untuk menjaga kesehatan kulit?


Dikutip dari Aad, Kamis (11/1/2024), berikut ini adalah tujuh tips perawatan kulit yang direkomendasikan oleh dokter kulit kepada semua pasiennya dan benar-benar digunakan oleh mereka sendiri.

Namun pertama-tama, luangkan waktu untuk mengidentifikasi dan memahami jenis kulit Anda:
– Kulit sensitif mungkin terasa perih atau terbakar setelah penggunaan produk
– Kulit normal bersih dan tidak sensitif
– Kulit kering bersisik, gatal atau kasar
– Kulit berminyak berkilau dan berminyak
– Kulit kombinasi kering di beberapa area dan berminyak di area lain


Memahami jenis kulit Anda akan membantu Anda mempelajari cara merawat kulit dan memilih produk perawatan kulit yang tepat untuk Anda, untuk menjaga kesehatan kulit, dokter kulit menyarankan beberapa tips berikut ini:

1. Kenakan tabir surya setiap hari
Tabir surya adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk kulit Anda. Jika diterapkan dengan benar, tabir surya melindungi kulit Anda dari sinar ultraviolet (UV) matahari yang berbahaya, yang menyebabkan kulit terbakar, kanker kulit, dan penuaan kulit dini, seperti kerutan dan bintik-bintik penuaan.

Untuk perlindungan terbaik, aplikasikan tabir surya berspektrum luas dan tahan air dengan SPF 30 atau lebih tinggi pada seluruh kulit yang tidak tertutup pakaian, dan aplikasikan kembali setiap dua jam atau setelah berenang atau berkeringat.


2. Jauhi tanning bed
Sama seperti matahari, tanning bed memancarkan radiasi UV berbahaya yang menyebabkan kanker kulit. Faktanya, satu sesi penyamakan kulit di dalam ruangan dapat meningkatkan risiko terkena melanoma sebesar 20%, karsinoma sel skuamosa sebesar 67%, dan karsinoma sel basal sebesar 29%.

Jika Anda menginginkan kilau keemasan, capailah dengan produk penyamakan kulit. Jika diaplikasikan dengan benar, self-tanner akan terlihat alami dan tidak akan membuat kulit Anda menjadi oranye, bercak, atau bercak.

3. Sederhanakan rutinitas perawatan kulit Anda
Lebih sedikit lebih baik dalam hal perawatan kulit. Menggunakan terlalu banyak produk, terutama beberapa produk anti penuaan, dapat mengiritasi kulit. Sebaliknya, fokuslah pada hal-hal mendasar, seperti pembersih lembut, tabir surya, dan pelembab.

Tetapkan rutinitas perawatan kulit pagi dan malam hari yang cocok untuk kulit Anda, dan patuhi rutinitas tersebut.


4. Pilih produk perawatan kulit yang diformulasikan untuk jenis kulit Anda
Memahami jenis kulit Anda akan membantu Anda mempelajari cara merawat kulit dan memilih produk perawatan kulit yang tepat untuk Anda.

Seperti disebutkan di atas, berikut cara mengidentifikasi dan memahami jenis kulit Anda:
– Kulit sensitif: Mungkin terasa perih atau terbakar setelah penggunaan produk
– Kulit normal: Bersih dan tidak sensitif
– Kulit kering: Bersisik, gatal atau kasar
– Kulit kombinasi: Kering di beberapa area dan berminyak di area lain
– Berminyak: Mengkilap dan berminyak

5. Rawat bibir Anda
Karena kanker kulit dapat terbentuk di bibir, oleskan lip balm atau lipstik yang mengandung tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi sebelum beraktivitas di luar ruangan. Jika bibir Anda terasa pecah-pecah atau kering, oleskan petroleum jelly untuk menambah kelembapan.


6. Jauhkan tangan Anda dari wajah Anda
Setiap kali Anda menyentuh wajah, Anda memindahkan kotoran, kuman, dan minyak dari tangan ke wajah Anda. Lakukan yang terbaik untuk membiarkan kulit Anda sendiri sepanjang hari. Hindari memencet, memencet, atau memencet jerawat, karena dapat menyebabkan jaringan parut.

7. Periksa kulit Anda secara teratur
Kanker kulit adalah kanker paling umum di Amerika, menyerang satu dari lima orang Amerika seumur hidup mereka. Selain itu, hampir 20 orang Amerika meninggal karena melanoma, bentuk kanker kulit paling mematikan, setiap hari. Namun, jika terdeteksi sejak dini, kanker kulit termasuk melanoma sangat bisa diobati.

Faktanya, tingkat kelangsungan hidup lima tahun bagi orang yang melanoma terdeteksi dan diobati sebelum menyebar ke kelenjar getah bening adalah 98%.


Penting untuk memeriksa kulit Anda secara teratur untuk mencari bintik-bintik baru, bintik-bintik yang berbeda dari bintik-bintik lain di tubuh Anda, atau tahi lalat yang gatal, berdarah atau berubah warna, karena ini sering kali merupakan tanda peringatan awal kanker kulit. Jika Anda melihat ada titik yang mencurigakan, buatlah janji bertemu dokter kulit bersertifikat.

Kulit adalah organ terbesar tubuh Anda, jadi penting untuk merawatnya dengan baik. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang jenis kulit Anda atau cara merawat kulit Anda, bicarakan dengan dokter kulit. (fadila-mg1/nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *