7 Manfaat Minum Teh Tawar untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat teh tawar untuk kesehatan. (Foto: Hellosehat)

Sukoharjonews.com – Mimuman teh sudah menjadi minuman sehari-hari masyarakat Indonesia. Saat pagi, minum teh hangat pastilah menyegarkan. Namun, selama ini meminum teh sebagian besar masih berupa teh manis alis meminum teh hanhat dengan gula. Padahal, meminum teh hangat tawar akan memberikan manfaat yang lebih dibandingkan teh manis untuk kesehatan.


Teh sendiri pada dasarnya minuman yang berasal dari daun teh dengan nama ilmiah Camellia sinensis.
Di Indonesia, jenis teh yang sering digunakan adalah teh hitam dan teh hijau. Kandungan gizi secangkir teh tawar yang setara dengan 237 mililiter (ml). Terdiri dari Air: 239 gram (g), Magnesium: 7,2 miligram (mg), Fosfor: 2,4 mg, Kalium: 88,8 mg, Folat: 12 mikrogram (mcg), Kolin: 0,9 mg, Kafein: 49 mg, Teobromin: 4,8 mg.

Tidak hanya itu, daun teh juga mengandung flavonoid atau senyawa khas tanaman yang bersifat antioksidan. Karena tidak mengandung gula tambahan, kalori secangkir teh tawar pun relatif rendah, yakni 2,4 kkal saja. Dilansir dari Hellosehat, Minggu (4/12/2022), berikut imi sejumlah manfaat minum teh tawar untuk kesehatan:

1. Menurunkan berat badan
Manfaat minum teh tawar hangat di pagi hari baik untuk diet. Karena tanpa gula, teh ini rendah kalori sehingga cocok untuk membatasi asupan kalori harian Anda.

Selain itu, kandungan ECGC dan kafein membantu membakar lemak sekaligus kalori yang lebih besar.

Meski begitu, penurunan badan yang dialami ini relatif kecil dan tidak drastis.


2. Mengurangi risiko kanker
Teh hijau dan teh hitam tawar mengandung flavonoid yang bersifat antioksidan. Sifat ini membantu melindungi sel tubuh dari paparan radikal bebas.

Perlu diketahui, radikal bebas bisa membuat sel tubuh rusak dan tumbuh abnormal hingga berkembang menjadi kanker.

3. Memberikan sensasi menenangkan
Mengutip studi terbitan Journal of Food and Drug Analysis (2021), teh mengandung senyawa l-theanine.

Senyawa ini membantu mengatur zat kimia di otak bernama serotonin dan dopamin sehingga memberikan sensasi lebih tenang.

Selain itu, l-theanine memicu aktivitas gelombang otak yang membuat Anda lebih rileks, tetapi tetap terjaga. Tak heran bila manfaat minum teh tawar hangat bisa memberikan efek tenang.


4. Meningkatkan fokus
Kandungan kafein dan epigallocatechin gallate (EGCG) membantu menjaga kemampuan Anda untuk fokus berkativitas.

Kafein pun membantu meningkatkan senyawa otak yang membuat Anda terus terjaga dan meningkatkan konsentrasi.

Sementara itu, kandungan l-theanine memiliki sifat menenangkan sehingga meningkatkan kemampuan Anda mempelajari sesuatu.

5. Mengendalikan gula darah
Manfaat minum teh tawar ini berasal dari kandungan EGCG.

Dikutip dari tinjauan terbitan Antioxidants (2019), EGCG membantu melindungi sel pankreas dari peradangan dan radikal bebas. Pankreas merupakan organ penghasil hormon insulin yang mengendalikan kadar gula darah.

Selain itu, EGCG membantu meningkatkan kadar insulin dalam darah. Senyawa gallic acid pada teh membantu juga membantu menyerap gula dari dalam darah menuju otot.


6. Menjaga kesehatan jantung
Manfaat minum teh tawar juga baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung. EGCG pada teh membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang bisa menyumbat pembuluh darah.

Selain itu, senyawa flavonoid pada teh meningkatkan senyawa nitric oxide yang bisa menurunkan tekanan darah. Penyumbatan pembuluh darah dan hipertensi bisa memicu berbagai jenis penyakit jantung, seperti stroke, gagal jantung, hingga serangan jantung.

7. Melindungi fungsi otak
Manfaat minum teh tawar berpotensi mengurangi risiko pikun, Alzheimer, dan gangguan fungsi kecerdasan.

Pasalnya, senyawa flavonoid bersifat antioksidan yang mengurangi radikal bebas di otak. Radikal bebas ini bisa memicu alzheimer dan pikun.

Flavonoid juga membantu peradangan di otak. ECGC juga menghambat senyawa yang menjadi penanda adanya Alzheimer.

Karena membantu mencegah penyumbatan pembuluh darah, teh juga melancarkan aliran darah menuju otak sehingga menurunkan risiko stroke. Ternyata, stroke pun bisa merusak fungsi otak dan memicu pikun. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 3.3 / 5. Vote count: 3

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *