7 Hidangan Yunani yang Harus Dicoba Semua Orang

Makanan khas Yunani.(Foto: Getty image)

Sukoharjonews.com – Ada banyak alasan untuk bepergian ke Yunani (kami melihat Anda, perairan biru, pantai berpasir putih, dan monumen kuno), tetapi yang terbaik, dan mungkin paling penting, adalah mencoba makanan negara yang luar biasa .


Dilansir dari Foo and wine, Rabu (3/7/2024), ada tujuh makanan Yunani yang lezat untuk dicoba setidaknya sekali dalam hidup Anda.

Souvlaki
Ada sandwich, lalu ada souvlaki . Sebagai salah satu hidangan Yunani yang lebih populer, ini adalah sesuatu yang mudah Anda temukan di negara mana pun yang Anda kunjungi, dan cukup mudah untuk membuatnya sendiri. Bungkusnya biasanya dibuat dengan daging yang diasinkan seperti daging babi, ayam, sapi, atau domba yang dipanggang dengan tusuk sate, lalu dimasukkan ke dalam pita hangat atau di atas salad, disiram dengan saus tzatziki, dan jika mau, bisa ditumpuk. dengan beberapa kentang goreng juga.

Saganaki
Saganaki termasuk dalam salah satu makanan pembuka terbaik di dunia, dan sangat mudah untuk membuatnya sendiri. “Saganaki” adalah kata yang mencakup semua makanan yang dibuat dengan jenis hidangan tertentu (dan sebenarnya berasal dari kata Turki sahan, yang diterjemahkan menjadi “ piring tembaga ”), namun versi terlezatnya tentu saja adalah keju goreng. Biasanya dimulai dengan keju yang kokoh (seperti halloumi, graviera, kefalograviera, atau keju feta susu kambing) yang ditaburi tepung, lalu digoreng dalam wajan kecil untuk memastikan pinggirannya berwarna coklat renyah. Lalu, sisanya terserah Anda. Beberapa restoran di Yunani menyajikannya dengan taburan madu dan kacang-kacangan, dan yang lain membiarkannya polos, tetapi bagaimana pun Anda mengirisnya, itu adalah keju goreng, jadi jelas lezat.


spanakopita
Masakan klasik Yunani lainnya adalah spanakopita , camilan lezat dan bersisik yang mungkin Anda kenal sebagai pai bayam. Orang Yunani telah membuat hidangan ini selama berabad-abad, melapisi adonan phyllo dengan mentega atau minyak zaitun dan sesekali mengisi lapisan tersebut dengan campuran bayam, daun bawang, keju feta, dan telur sebelum mencokelatkan semuanya di dalam oven. Biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka, tetapi Anda tidak akan mendapat kesulitan untuk menjadikannya sebagai makanan lengkap Anda.

Dolmades
Menuliskan kata “dolmades” saja sudah membuat mulut saya berair; itu benar-benar kenikmatan Yunani. Hidangannya biasanya dimulai dengan daun anggur, diletakkan rata dan siap diisi. Isiannya biasanya berisi nasi dan rempah-rempah, dan terkadang bisa berisi daging cincang, jadi berhati-hatilah jika Anda seorang vegetarian yang memesan hidangan tersebut. Meskipun orang bisa berkreasi dengan resep dolma mereka, lihat saja versi isi halibut ini atau pilihan kangkung isi bulgur tabbouleh ini.


Musaka
Moussaka adalah pilihan tepat ketika Anda membutuhkan makanan Yunani yang lebih lezat. Ini adalah hidangan ultra-tradisional, dan Anda akan kesulitan menemukan restoran di Yunani yang tidak menyajikannya. Biasanya moussaka dibuat dengan terong dan kentang, bersama dengan daging sapi atau domba. Biasanya diakhiri dengan saus béchamel yang kental, tetapi Anda juga dapat menemukan banyak versi vegetarian di seluruh negeri, atau dengan mudah membuatnya tanpa daging di rumah juga. Anggap saja seperti casserole. Silakan bermain-main dengan bahan-bahan untuk menambah atau mengurangi apa pun yang Anda inginkan.

Avgolemono
Avgolemono adalah sup yang memberi saya emosi campur aduk. Senang, karena enak. Sedih sekali, karena itu selalu menjadi makanan yang dibuat ibuku ketika aku sedang tidak enak badan semasa kecil. Ini seperti sup ayam, dibuat dengan kaldu ayam, kuning telur, dan jus lemon, serta nasi dan terkadang ayam suwir. Supnya mudah dibuat, sangat mengenyangkan di hari yang dingin, dan cocok jika Anda sedang pilek.

Loukoumades
Jangan khawatir. Yunani juga memiliki banyak makanan manis, termasuk pilihan terbaiknya, loukoumades. Sama seperti hidangan lain dalam daftar ini, suguhan hidangan penutup ini sudah ada sejak lama, karena orang Yunani kuno juga menyukai minuman manis yang enak. Pembuatannya sangat mudah; anggap saja mereka sebagai pusat lubang donat. Itu hanya sedikit adonan goreng, lalu disiram dengan madu dan terkadang ditaburi kayu manis, kacang-kacangan, atau bahkan lebih banyak gula. BRB, aku akan menelepon ibuku untuk meminta resepnya sekarang. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *