6 Tips Menjaga Otak Tetap Sehat

Tips menjaga kesehatan otak. (Foto: Medical News Today)

Sukoharjonews.com -Perubahan pada tubuh dan otak Anda adalah hal yang normal seiring bertambahnya usia. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu memperlambat penurunan daya ingat dan menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer atau demensia lainnya.

Dilansir dari mayo clinic health system, Kamis (22/2/2024), berikut enam hal yang saya rekomendasikan kepada pasien saya berdasarkan kepentingannya:

1. Berolahraga secara teratur.
Olahraga diketahui memiliki banyak manfaat, dan aktivitas fisik secara teratur juga bermanfaat bagi otak. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang yang aktif secara fisik cenderung tidak mengalami penurunan fungsi mental dan memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit Alzheimer.

Manfaat ini dihasilkan dari peningkatan aliran darah ke otak Anda selama berolahraga. Hal ini juga cenderung melawan beberapa pengurangan alami dalam koneksi otak yang terjadi selama penuaan, sehingga membalikkan beberapa masalah.

Usahakan untuk berolahraga beberapa kali seminggu selama 30 hingga 60 menit. Anda dapat berjalan kaki, berenang, bermain tenis, atau melakukan aktivitas aerobik sedang lainnya yang meningkatkan detak jantung Anda.

2. Tidur yang cukup.
Tidur memainkan peran penting dalam kesehatan otak Anda. Beberapa teori menyatakan bahwa tidur membantu membersihkan protein abnormal di otak Anda dan mengkonsolidasikan ingatan, sehingga meningkatkan memori dan kesehatan otak Anda secara keseluruhan.

Usahakan untuk tidur tujuh hingga delapan jam berturut-turut setiap malam, bukan tidur terfragmentasi dengan penambahan dua atau tiga jam. Tidur berturut-turut memberi otak Anda waktu untuk mengkonsolidasikan dan menyimpan ingatan Anda secara efektif. Apnea tidur membahayakan kesehatan otak Anda dan bisa menjadi penyebab Anda kesulitan mendapatkan jam tidur berturut-turut. Bicarakan dengan tim perawatan kesehatan Anda jika Anda atau orang yang Anda sayangi mencurigai Anda menderita apnea tidur.

3. Makan makanan Mediterania.
Pola makan Anda memainkan peran besar dalam kesehatan otak Anda. Pertimbangkan untuk mengikuti pola makan Mediterania, yang menekankan makanan nabati, biji-bijian, ikan, dan lemak sehat, seperti minyak zaitun. Makanan ini mengandung lebih sedikit daging merah dan garam dibandingkan makanan khas Amerika.

Studi menunjukkan orang yang mengikuti pola makan Mediterania memiliki kemungkinan lebih kecil terkena penyakit Alzheimer dibandingkan orang yang tidak mengikuti pola makan tersebut. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagian diet mana yang paling membantu fungsi otak. Namun, kita tahu bahwa asam lemak omega yang ditemukan dalam minyak zaitun extra-virgin dan lemak sehat lainnya sangat penting agar sel Anda berfungsi dengan baik, tampaknya menurunkan risiko penyakit arteri koroner, meningkatkan fokus mental, dan memperlambat penurunan kognitif pada orang lanjut usia.

4. Tetap aktif secara mental.
Otak Anda mirip dengan otot – Anda perlu menggunakannya atau kehilangannya. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga otak tetap bugar, seperti mengerjakan teka-teki silang atau Sudoku, membaca, bermain kartu, atau menyusun puzzle. Anggap saja ini melatih otak Anda secara silang. Gabungkan berbagai jenis kegiatan untuk meningkatkan efektivitas.

Kebanyakan tim layanan kesehatan tidak merekomendasikan program pelatihan otak berbayar yang tersedia. Program-program ini sering kali memberikan hasil yang terlalu menjanjikan atau berfokus pada keterampilan menghafal yang tidak berguna dalam kehidupan sehari-hari. Otak Anda bisa mendapatkan latihan yang sama baiknya dengan membaca atau menantang diri sendiri dengan teka-teki. Terakhir, jangan terlalu banyak menonton TV, karena ini adalah aktivitas pasif dan tidak banyak merangsang otak Anda.

5. Tetap terlibat secara sosial.
Interaksi sosial membantu menangkal depresi dan stres , yang dapat menyebabkan hilangnya ingatan. Carilah peluang untuk terhubung dengan orang-orang terkasih, teman, dan orang lain , terutama jika Anda tinggal sendiri. Penelitian menghubungkan isolasi dengan atrofi otak, jadi tetap aktif secara sosial mungkin memiliki efek sebaliknya dan memperkuat kesehatan otak Anda.

6. Jaga kesehatan pembuluh darah Anda.
Kesehatan arteri dan vena Anda penting untuk kesehatan jantung Anda, tetapi juga penting untuk kesehatan otak. Periksakan tekanan darah, gula darah, dan kolesterol Anda secara teratur dan ambil langkah-langkah untuk menjaga angka-angka Anda dalam kisaran normal.

Tingkatkan aktivitas fisik Anda, makan makanan Mediterania dan kurangi konsumsi natrium untuk menurunkan tekanan darah dan nilai kolesterol. Terakhir, penggunaan tembakau dan alkohol juga berdampak pada kesehatan otak, jadi minumlah alkohol secukupnya saja dan jangan merokok. Minum dalam jumlah sedang didefinisikan sebagai maksimal satu gelas per hari untuk wanita dan maksimal dua gelas per hari untuk pria.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar