6 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan

Manfaat mentimun .(Foto:simply recipes)

Sukoharjonews.com – Mentimun, atau Cucumis sativus , tersedia dalam berbagai ukuran, warna, dan jenis. Mentimun termasuk buah karena biji dan bunganya, namun banyak yang menganggapnya sebagai sayuran. Bagaimana pun Anda mengklasifikasikannya, Anda mungkin bertanya-tanya apa manfaat mentimun.

Dilansir dari health, kamis (2/5/2-24), kemungkinan manfaat mentimun bagi kesehatan berkisar dari membantu menenangkan kulit hingga menurunkan kolesterol LDL. Risiko makan mentimun sangat kecil, dan mentimun serbaguna dalam makanan dan camilan. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut.

1. Meningkatkan Kesehatan Tulang
Mentimun mengandung vitamin K yang merupakan kunci kesehatan tulang. Satu buah mentimun yang masih dikupas menyediakan lebih dari 41% dari target harian vitamin K yang direkomendasikan.

Nutrisi ini diperlukan untuk pembentukan tulang.Selain itu, kekurangan asupan dapat membahayakan kesehatan tulang. Kadar vitamin K yang rendah dikaitkan dengan osteoporosis dan peningkatan risiko patah tulang.

2. Dapat Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular
Mentimun mengandung puluhan antioksidan, termasuk flavonoid.Flavonoid membantu melindungi terhadap penyakit jantung. Itu karena sifat antioksidannya membantu menurunkan kolesterol LDL, yaitu kolesterol jahat yang meningkatkan risiko seseorang terkena stroke atau penyakit jantung.

3. Memberikan Hidrasi
Satu mentimun berukuran sedang mengandung 287 gram cairan—sekitar 10 ons air.Menambahkan irisan mentimun ke dalam air adalah salah satu cara untuk menambah rasa, yang dapat membantu meningkatkan asupan air Anda lebih banyak lagi.

4. Dapat Bermanfaat untuk Pengelolaan Berat Badan
Mentimun menawarkan trio karakteristik yang mendorong penurunan berat badan. Mereka rendah kalori tetapi juga mengandung serat dan cairan yang mengenyangkan.

5. Dapat Membantu Mengurangi Risiko Kanker
Mentimun mengandung zat alami yang disebut lignan—seperti biji rami dan wijen, kangkung, brokoli, kubis, stroberi, aprikot, dan makanan nabati lainnya. Lignan dapat memiliki sifat perlindungan terhadap kanker payudara kolorektal dan pascamenopause.

6. Dapat Menenangkan Kulit
Mentimun mengandung air, vitamin C, dan vitamin A. Kombinasi ini memicu efek menenangkan pada kulit dan mengurangi iritasi dan pembengkakan kulit. Karena alasan ini, mentimun telah lama digunakan secara topikal sebagai obat rumahan untuk mengatasi jerawat dan sengatan matahari.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar