6 Manfaat Kopi untuk Kesehatan yang Sudah Teruji Secara Ilmiah

Manfaat kopi untuk kesehatan. (Foto: Pixabay)

Sukoharjonews.com – Kopi adalah minuman yang dibuat dari biji kopi yang disangrai. Berwarna gelap, pahit, dan sedikit asam, kopi memiliki efek stimulasi pada manusia, terutama karena kandungan kafeinnya. Ini adalah minuman panas paling populer di dunia.

Sering disebut sebagai penyebab asam lambung justru kopi memiliki banyak manfaat dilansir dari Forbes Health, Selasa (20/12/2022) justru kopi dapat menekan angka atau resiko kematian. Dengan mengonsumsi kopi setiap hari dapat menawarkan manfaat kesehatan berikut ini:

1. Dapat Menurunkan Risiko Semua Penyebab Kematian
Orang yang minum kopi lebih kecil kemungkinannya meninggal karena sebab apa pun daripada bukan peminum, menurut studi payung besar tahun 2017 di British Medical Journal. Sebagai pedoman umum, Food and Drug Administration (FDA) menyarankan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 400 miligram kafein per hari.

2. Dapat Mengurangi Risiko Kanker
Kopi dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah untuk kanker prostat, endometrium dan lainnya, dan dapat mengurangi kemungkinan beberapa kondisi neurologis, metabolisme dan hati, temuan menunjukkan.

3. Membantu Melawan Diabetes Tipe 2
Minum kopi dalam jumlah tinggi versus rendah dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2, catat studi tersebut. Risiko lebih rendah untuk setiap dosis peningkatan konsumsi, dan penulis tidak menemukan perbedaan antara kopi berkafein dan tanpa kafein.

4. Dapat Menurunkan Risiko Penyakit Hati
Minum kopi dalam jumlah berapa pun dibandingkan tanpa kopi dikaitkan dengan penurunan kemungkinan penyakit hati berlemak non-alkohol, fibroid hati, dan sirosis hati, menurut data. Ada juga hubungan yang signifikan antara minum kopi dan risiko penyakit batu empedu yang lebih rendah.

5. Dapat Mengurangi Risiko Parkinson, Penyakit Alzheimer, dan Depresi
Kopi secara konsisten dikaitkan dengan risiko penyakit Parkinson yang lebih rendah, penelitian menunjukkan. Konsumen juga kurang berisiko mengalami depresi dan gangguan kognitif lainnya, termasuk Alzheimer.

6. Dapat Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular
Minuman ini juga memiliki sejumlah manfaat kardiovaskular, menurut sebuah studi baru di Journal of American College of Cardiology Mengonsumsi dua hingga tiga cangkir sehari dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner yang signifikan. (patrisa argi/mg)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar