6 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan

Manfaat jagung bagi kesehatan.(Foto: omela)

Sukoharjonews.com – Jagung dapat meningkatkan kesehatan usus, menurunkan kolesterol dan melindungi penglihatan Anda. Rata-rata orang Amerika makan sekitar 5,5 pon jagung manis segar setiap tahun, menjadikannya salah satu tanaman paling populer yang ditanam di Amerika Serikat. Jagung cukup serbaguna. Anda bisa memakannya segar. Atau dalam produk seperti sereal, bubur jagung, dan tortilla. Ia bahkan mempunyai lagu populernya sendiri .

Dilansir dari cleveland clinic, Selasa (9/1/2024), Jagung mempunyai banyak sekali manfaat kesehatan. Ia memiliki banyak serat tidak larut, menjadikannya makanan dengan indeks glikemik rendah. Artinya, Anda mencernanya secara perlahan, sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang tidak sehat secara tiba-tiba.

Mengurangi Tekanan Lemak Darah
Rosela berkhasiat Mengurangi lemak darah Juga berkhasiat membantu menurunkan tekanan darah tinggi serta mengurangi kekentalan darah Meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh Yang juga membantu menyembuhkan varises agar dapat teratasi juga Jika makan okra Dilanjutkan selama 1 bulan bisa mengurangi lemak dalam darah. Gula darah, lemak, kolesterol mungkin terjadi.

Secara nutrisi, setengah cangkir jagung (kira-kira satu tongkol berukuran sedang) memiliki kira-kira:

-98 kalori .
-23,5 gram karbohidrat .
-0 gram kolesterol .
-0,78 gram lemak .
-2 gram serat .
-3 gram protein .
-5 miligram natrium .
-3,78 gram gula pasir .

Homan membahas lebih lanjut tentang bagaimana makanan ini – populer di kalangan orang-orang dari segala usia – baik untuk Anda.

Berikut ini enam manfaat kesehatan dari jagung:

1. Membantu pencernaan dan kesehatan usus
Jagung kaya akan serat tidak larut , yang dapat membentuk tinja (kotoran) dan mencegah sembelit. Jika Anda pernah memperhatikan apa yang tampak seperti biji jagung utuh di kotoran Anda (atau popok anak Anda), itu bukan karena ada masalah dengan sistem pencernaan Anda.

2. Membantu meningkatkan kesehatan mata
Sebongkah jagung kuning berukuran sedang memiliki hampir 900 mikrogram antioksidan yang disebut lutein dan zeaxanthin. Sebuah studi tahun 2018 menunjukkan bahwa antioksidan ini meningkatkan kesehatan penglihatan dan mata.

Antioksidan juga melindungi tubuh Anda dari radikal bebas , molekul yang menyebabkan peradangan kronis, penyakit jantung, dan kondisi lainnya. Antioksidan juga menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat, sehingga mampu melawan virus, bakteri, dan infeksi.

3. Melindungi hati Anda
Studi lain pada tahun 2018 menemukan bahwa orang dengan kolesterol tinggi yang mengonsumsi 4 sendok makan minyak jagung sehari dalam makanan yang dipanggang memiliki kadar kolesterol lebih rendah dibandingkan mereka yang mengonsumsi minyak kelapa dalam jumlah yang sama (juga dalam makanan yang dipanggang).

4. Memberikan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh agar dapat bekerja dengan baik
Selain serat dan antioksidan, biji emas tersebut memiliki banyak nutrisi dan vitamin. Sebongkah jagung berukuran sedang (sekitar setengah cangkir) mengandung:
-4 miligram kalsium .
-40 mikrogram folat .
-32 miligram magnesium .
-294 miligram potasium .
-244 unit internasional vitamin A.
-7 miligram vitamin C.

5. Cukup mempengaruhi gula darah
Gula alami dalam jagung memberi rasa manis pada biji jagung. Namun jagung masih relatif rendah gula. Kuping berukuran sedang mengandung 4 gram gula alami — kurang dari sepertiga gula dalam apel Red Delicious.

Profil jagung yang rendah gula, tinggi serat, dan karbohidrat kompleks menempatkannya pada indeks glikemik yang rendah. “Tubuh Anda secara bertahap memecah makanan rendah glisemik, menghasilkan pelepasan energi yang lebih lambat,” kata Homan.

6. Menawarkan pilihan sehat bebas gluten
Jagung secara alami bebas gluten, menjadikan jagung dan produk jagung pilihan bagus bagi mereka yang menderita penyakit celiac atau sensitivitas gluten. Namun bacalah label makanan dengan cermat saat membeli produk berbahan dasar jagung. Beberapa item mungkin mengandung gluten.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar