6 Manfaat Daun Sawi untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Manfaat daun sawi untuk kesehatan tubuh. (Foto: Sehatq)

Sukoharjonews.com – Manfaat sayuran untuk kesehatan jelas banyak sekali. Seperti sayuran sawi yang memiliki beragam warna daun. Namun, yang lebih sering ditemui adalah sawi berdaun hijau dan putih. Jenis sayuran ini bisa dikatakan sebagai salah satu makanan super karena memiliki kandungan gizi yang begitu tinggi.


Sawi memiliki kandungan serat, vitamin, fitonutrien, dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Menikmati sayur sawi juga terbilang sangat mudah. Sayur sawi tinggal dimasak menjadi tumisan, sayuran berkuah, digoreng, menjadi campuran, atau bahkan diolah dengan cara diasinkan. Mau dikonsumsi dingin maupun hangat, sayuran ini juga tetap menawarkan kelezatan yang tidak tergantikan.

Sayangnya, studi yang secara khusus menjelaskan tentang manfaat mengonsumsi sawi secara spesifik memang bisa dibilang masih begitu terbatas. Akan tetapi, kandungan nutrisi yang ditemukan pada sayuran satu ini telah terbukti sangat efektif untuk kesehatan. Dikutip dari Halodoc, Minggu (11/9/2022), berikut ini sejumlah manfaat daun sawi untuk kesehatan tubuh:

1. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung
Konsumsi sayuran memang secara langsung baik untuk tubuh. Namun, sawi memberikan perlindungan tambahan terhadap organ jantung. Kandungan beta karoten dan flavonoid pada sayur ini telah dihubungkan dengan menurunnya risiko pengembangan dan kematian yang terjadi karena penyakit jantung, seperti yang disebutkan dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Clinical Nutrition ESPEN.

Sementara itu, studi lain yang diterbitkan dalam JRSM Cardiovascular Disease menyebutkan, asupan sayuran hijau yang tinggi membantu menurunkan risiko penyakit jantung hingga 15 persen.


2. Mengandung Efek Antikanker
Tak hanya antioksidan, sawi juga mengandung senyawa glukosinolat yang dikaitkan dengan efek antikanker. Disebutkan dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Molecules, senyawa glukosinolat terbukti mampu memberikan perlindungan terhadap sel dari kerusakan DNA dan membantu mencegah terbentuknya sel kanker.

3. Meringankan Gangguan Pernapasan
Sawi memiliki banyak vitamin dan mineral yang efektif dalam memerangi infeksi virus seperti pilek dan flu. Kandungan vitamin C pada sayuran ini juga diklaim mampu membantu meredakan peradangan karena sinus dan mengurangi risiko terserang penyakit asma. Lalu, sayur sawi juga berperan sebagai ekspektoran yang cukup efektif untuk membantu melegakan jalur pernapasan dengan cara mengeluarkan lendir. Tak heran jika sawi banyak digunakan sebagai pengobatan Ayurveda karena memberikan sensasi hangat.

4. Membantu Mengobati Psoriasis
Psoriasis merupakan gangguan autoimun yang ditandai dengan inflamasi dan peradangan. Lesi yang terjadi karena masalah kesehatan ini bisa diobati dengan menggunakan sawi, lho!.


Psoriasis adalah penyakit autoimun, inflamasi, kronis, dan peradangan. Lesi yang disebabkan oleh psoriasis dapat diobati dengan sawi. Sayur ini memberikan manfaat dengan cara memfasilitasi kerja atau stimulasi enzim, seperti katalase dan superoksida dismutase yang membantu meringankan peradangan dan rasa nyeri pada pengidap psoriasis.

5. Detoksifikasi yang Baik
Tahukah kamu jika tubuh menumpuk racun dari makanan yang kamu konsumsi atau lingkungan yang kamu kunjungi? Inilah mengapa detoksifikasi sangat penting untuk membantu membersihkan racun dari dalam tubuh sehingga kesehatan hati dan saluran pencernaan pun tetap terjaga.

Nah, sawi bisa menjadi salah satu agen detoks yang baik, lho! Ini karena kandungan antioksidannya yang bisa membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh melalui proses buang air besar. Pun, turunan klorofil dalam sayur ini juga membantu menetralkan bahan kimia dan logam berat dari tubuh.

6. Menurunkan Kolesterol
Masih belum cukup, sawi juga memiliki senyawa yang berperan dalam mengikat empedu pada sistem pencernaan. Hal ini sangatlah penting karena bisa mencegah terjadinya reabsorbsi asam empedu dan berkaitan langsung dengan menurunnya kadar kolesterol dalam darah, seperti yang dijelaskan dalam jurnal Food Chemistry.

Studi lain yang dipublikasikan dalam Nutrition Research mengungkapkan, mengolah sawi secara kukus secara signifikan mampu meningkatkan dampak pengikatan terhadap asam empedu. Ini artinya, mengonsumsi sawi yang diolah dengan cara dikukus lebih memberikan manfaat dalam menurunkan kolesterol darah, dibandingkan dengan metode lainnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *