6 Jenis Minyak Alami yang Paling Bermanfaat untuk Perawatan Kulit

6 Jenis minyak alami yang paling bermanfaat untuk perawatan kulit. (Foto : Pexels)

Sukoharjonews.com – Minyak alami menjadi salah satu alternatif yang bisa diaplikasikan dalam perawatan kulit. Terlebih lagi sejumlah penelitian telah menemukan adanya jenis minyak alami tertentu yang memang punya manfaat bagi kulit.

Dilansir dari Everyday Health dan Very Well Health, Sabtu (11/3/2023), selain menggunakan produk skincare tak ada salahnya jika juga mencoba mengaplikasikan minyak alami dalam rutinitas perawatan kulit. berikut deretan jenis minyak alami terbaik yang dapat kamu gunakan. Simak!

1. Minyak Zaitun
Jenis minyak yang satu ini sepertinya sudah cukup terkenal manfaatnya untuk perawatan kulit . Hal ini karena minyak zaitun memang mengandung sejumlah vitamin seperti vitamin A, D, E, hingga vitamin K.

Sebuah penelitian menemukan bahwa minyak zaitun berpotensi digunakan sebagai pelembap. Tidak hanya untuk wajah, minyak zaitun juga tepat diaplikasikan ke seluruh tubuh.

2. Minyak Biji Bunga Matahari
Minyak biji bunga matahari juga menjadi salah satu jenis minyak alami terbaik yang dapat digunakan untuk perawatan kulit. Jenis minyak yang satu ini memiliki kandungan vitamin E yang tinggi.

Berkat kandungan nutrisi tersebut, minyak biji bunga matahari sangat cocok dipakai sebagai pelembap alami. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics Dermatology juga menemukan bahwa minyak biji bunga matahari memiliki fungsi sebagai pelindung kulit.

3. Minyak Kelapa
Minyak alami terbaik berikutnya yang bermanfaat untuk perawatan kulit adalah minyak kelapa. Jenis minyak yang satu ini mengandung vitamin E dan K serta memiliki sifat anti-jamur dan anti-bakteri. Studi menunjukkan bahwa penggunaan minyak kelapa sebagai pelembap dinilai jauh lebih baik dibandingkan minyak zaitun.

Meski begitu, perlu diperhatikan bahwa tidak semua kulit cocok dengan minyak yang satu ini. Bagi yang memiliki kulit berminyak dan rentang berjerawat, maka disarankan untuk menghindari penggunaan minyak kelapa khususnya di wajah.

4. Minyak Jojoba
Jenis minyak yang berasal dari Amerika ini dipercaya memiliki manfaat dalam perawatan kulit. Dalam sebuah jurnal, peneliti menemukan bahwa minyak jojoba memiliki efek anti-inflamasi dan penyembuhan luka.

Terkait hal ini, peneliti pun menyebut bahwa penggunaan minyak jojoba tidak rentang terhadap reaksi alergi. Oleh karena itu, tidak perlu terlalu khawatir khususnya jika memang memiliki wajah yang rentang sensitif.

5. Minyak Almond
Minyak almond kaya akan berbagai kandungan nutrisi seperti vitamin E, seng, protein, dan potasium. Jenis minyak yang satu ini juga memiliki tekstur yang lebih ringan dibandingkan minyak zaitun.

Sebuah penelitian menunjukkan adanya hubungan antara aplikasi topikal minyak almond dan efek anti-penuaan. Selain itu, minyak almond juga bisa membantu memperbaiki penghalang kulit. Kendati memiliki sederet manfaat, tapi penggunaan minyak almond sebaiknya dihindari oleh kamu yang kulitnya sensitif.

6. Minyak Biji Anggur
Jenis minyak alami lainnya yang juga menyimpan manfaat untuk kulit adalah minyak biji anggur. Minyak yang satu ini mungkin masih jarang diketahui padahal manfaatnya tak kalah dengan jenis minyak lainnya.

Minyak biji anggur mengandung vitamin E dan asam lemak. Selain itu, minyak ini juga memiliki sifat anti-mikroba, anti-oksidan, anti-inflamasi, hingga anti-penuaan. Menariknya, minyak biji anggur juga terbilang aman digunakan untuk jenis kulit apapun karena tidak menimbulkan reaksi alergi.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar