6.293 Linmas Diterjunkan Bantu Pengamanan Pilkada

Sebanyak 6.293 personil Satlinmas diterjunkan untuk membantu pengamanan pemungutan suara Pilkada 2020. (Dok)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) akan diterjunkan untuk membantu pengamanan selama pemungutan suara Pilkada 9 Desember 2020 mendatang. Total anggota Satlintas Sukoharjo yang ada sebanyak 6.293 personil. Nantinya, anggota Satlinmas akan diterjunkan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Anggota Satlinmas yang diterjunkan tetap menerapkan protokol kesehatan terkait corona.



“Pembinaan dan sosialisasi terkait pengamanan Pilkada oleh Satlintas sudah dilakukan sehingga ketika bertugas sudah tahu apa yang menjadi tugasnya,” terang Kepala Satpol PP Sukoharjo Heru Indarjo, Senin (2/11/2020).

Terkait pengamanan Pilkada sendiri, ujar Heru, kewenangan utama tetap pada aparat keamanan dalam hal ini Polres dibantu TNI. Linmas bersifat tugas pembantuan. Nantinya, ujar Heri, anggota Linmas tidak hanya bertugas di TPS saja, tapi juga membantu pengamanan di kantor kelurahan atau balai desa, hingga kecamatan.

Hderu mengaku anggota Satlinmas sudah siap dan tinggal menunggi koordinasi lanjutan dengan Polres dan Kodim 0726 Sukoharjo. “Jika sudah siap tinggal menunggu pergeseran pasukan ke masing masing desa, kelurahan dan kecamatan,” ujarnya.

Heru mengatakan, yang perlu dipahami anggota Satlinmas dalam pelaksanaan Pilkada 2020 ini tidak hanya pengamanan situasi saja, namun juga terkait penerapan protokol kesehatan. Pasalnya, Pilkada kali ini diselenggarakan dalam situasi pandemi virus corona.

“Saat pemungutan nanti, tidak hanya petugas saja yang menerapkan protokol kesehatan, tapi juga seluruh masyarakat yang memberikan suara di TPS,” tambah Heru. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *