Bantu Masyarakat dan Petani Porang, Dandim 0726 Sukoharjo Serahkan Bantuan Sumur Bor

Dandim 0726 Sukoharjo, Letkol Czi Slamet Riyadi saat menyerahkan bantuan sumur bor untuk masyarakat dan petani porang di Dukuh Tritis, Desa Kamal, Kecamatan Bulu, Jumat (6/1/2023)

Sukoharjonews.com (Bulu) – Dalam rangka untuk mendukung kesejahteraan masyarakat dan petani Porang di Dukuh Tritis RT 01/02, Desa Kamal, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Dandim 0726 Sukoharjo, Letkol Czi Slamet Riyadi menyerahkan bantuan sumur bor. Penyerahan sekaligus peresmian bantuan tersebut dilaksanakan pada Jumat (6/1/2023).

Dandim mengatakan, pembuatan sumur bor dikerjakan oleh anggota Kodim 0726 Sukoharjo dimana hal itu merupakan program unggulan Kodim bekerjaama dengan PT Dua Naga. Sumur bor tersebut mulai dikerjakan pada bulan Agustus-Desember 2022.

“Setelah ini masyarakat dan petani porang bisa memanfaatkan sumur bor ini untuk memenuhi kebutuhan air bersih, petani maupun kebutuhan keluarga lainnya,” ujar Dandim.

Menurutnya, beberapa waktu yang lalu Kodim juga berhasil menyediakan air bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat berupa pengentasan daerah sulit air melalui program sumur hidran. Pembuatan sumur bor sendiri sempat terkendala dengan lokasi yang ada di pegunungan. Meski begitu, pembuatan sumur dapat dilaksanakan dengan kedalaman 50 meter. Sumur tersebut memiliki debit ait 1 liter per detik.

Sumur bor tersebut juga dilengkapi dengan mesin penyedot/pompa menggunakan listrik serta penampungan air menggunakan penampungan tandon air kapasitas 500 liter dengan jumlah empat buah tandon.

“Untuk sementara ini sumur digunakan oleh masjid, petani porang seluas setengah hektar (50.000 tanaman porang) dan warga sekitar dapat menggunakan sumur ini untuk keperluan warga masyarakat,” terang Dandim.

Dandim berharap masyarakat Dukuh Tritis dan sekitarnya untuk menjaga dan memelihara sumur bor tersebut sehingga sumur bor ini dapat bermanfaat bagi warga masyarakat dalam jangka waktu yang lama.

Dandim juga mengatakan, Kodim akan melakukan kerjasama dalam program sedekah 1.000 sumber air secara bertahap. Untuk tahun ini, Kodim menargetkan sebanyak 50 titik dan saat ini sudah melakukan survei untuk pembangunan di tiga titik. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar