5 Sisa Makanan yang Bahaya Jika Dipanaskan Kembali

Makanan yang tidak boleh dipanaskan. (Foto: rukita)

Sukoharjonews.com – Memanaskan makanan sisa biasanya sering dilakukan oleh kita, apalagi jika makanan tersebut masih tersisa banyak, akan sayang rasanya jika di buang.

Kebiasaan memanaskan makanan itu ternyata bisa berbahaya untuk tubuh loh. Bahkan bisa jadi, makanan yang tadinya bergizi malah jadi racun untuk tubuh kita. Dikutip dari Hops, pada Kamis, (2/11/2023), berikut makanan yang berbahaya jika dipanaskan kembali:

1. Bayam
Sayur bayam memang baik untuk tubuh, sebab memiliki berbagai kandungan vitamin, mineral, dan nitrat di dalamnya. Namun, kalau kamu memasakan kembali sayur bayam yang sudah dimasak, kandungan nitrat akan berubah menjadi zat toksik dan melepas berbagai agen karsinogenik.

Tidak hanya itu, kandungan zat besi yang ada dalam bayam yang dipanaskan bisa teroksidasi dan mengubahnya menjadi radikal bebas. Jadi, makan bayam yang tadinya untuk kesehatan tubuh, malah jadi buruk untuk tubuh, karena kandungan yang berubah bisa menyebabkan risiko kanker.

2. Kentang
Kentang memang enak untuk dimakan, dan juga kaya akan vitamin B6, kalium, dan vitamin C yang baik untuk tubuh kita. Tapi kenyataannya, memanaskan kembali kentang yang sudah dimasak bisa berbahaya untuk tubuh bahkan bisa menyebabkan keracunan loh.

Kentang yang dipanaskan berkali-kali akan membuat kentang memproduksi bakteri Clostridium botulinum yang menyebabkan keracunan makanan.

3. Telur
Telur memang makanan yang sering bahkan hampir semua orang memakannya. Sebab, harganya yang tidak mahal tapi memiliki banyak protein di dalamnya. Namun, apakah telur yang sudah dimasak dan dipanaskan lagi aman untuk tubuh? Jawabannya itu tidak! Telur memiliki kandungan senyawa nitrogen didalamnya. Jadi, jika kandungan itu teroksidasi dan dikonsumsi dalam jumlah yang banyak akan menyebabkan kanker.

4. Ayam
Selain telur, makanan yang sering sekali di makanan oleh semua orang adalah ayam. Hal itu, karena ayam memiliki harga yang tidak semahal daging lainnya tapi kaya akan protein di dalamnya. Ternyata daging ayam termasuk makanan yang berbahaya kalau dipanaskan kembali. Sebab, jika kandungan nitrogen dalam protein teroksidasi bisa mengganggu pencernaan dan memicu kanker.

Tidak hanya itu, daging ayam yang sudah digoreng dan kembali dipanaskan menggunakan minyak, bisa berisiko meningkatkan lemak jenuh dengan jumlah berlipat dan juga kalori.

5. Jamur
Memasak makanan dengan bahan jamur memang perlu diolah dengan benar dan juga sesegera mungkin langsung dimakan.

Maka dari itu, jika kamu menyimpan masakan menggunakan jamur dan kembali menghangatkannya, itu bisa membuat jamur menjadi toksin untuk tubuh.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar