5 Rutinitas Pagi Hari Ini Bantu Meningkatkan Produktivitasmu Seharian

Rutinitas pagi hari bantu meningkatkan produktivitas. (Foto: Pexels)

Sukoharjonews.com – Rutinitas pagi hari merupakan hal yang cukup penting. Sebab dengan rutinitas tersebut dapat menentukan produktivitas dalam satu hari. Banyak orang sukses seperti CEO yang memiliki rutinitas tiap paginya sebelum memulai hari.

Dilansir dari Forbes, Selasa (14/2/2023), ada beberapa rutinitas di pagi hari yang dapat membantu meningkatkan produktivitas dalam sehari. Yuk, simak rutinitas apa saja!

1. Bangun Tepat Waktu
beberapa orang terbiasa bangun pagi dan beberapa tidak. Hal ini tidak bisa dipaksakan ke semua orang untuk bangun pagi. Oleh sebab itu, perlu pemahaman tentang siklus tidur Beauties. Bangunlah tepat waktu dan sesuai jam tubuh.

Orang dewasa umumnya butuh 7-9 jam tidur. Jika merasa bangun terlalu siang, maka coba untuk tidur lebih awal. Tidur penting untuk menyeimbangkan hormon, menjaga sistem kekebalan tubuh dan meregenerasi otak dan tubuh. Tanpa tidur yang nyenyak, maka konsentrasi dan energi bisa terganggu.

2. Hindari Langsung Buka Handphone di Pagi Hari
Pasti banyak dari muda millenial sekarang ini ketika bangun pagi langsung buka handphone dan mengecek media sosial. Sesungguhnya hal tersebut tidaklah efektif, sebab menyia-nyiakan energi hanya dengan melihat handphone.

hindari membuka email, pesan, maupun berita yang ada di handphone. Semuanya bisa menunggu saat kalian sudah siap. Sebaiknya fokuslah pada rutinitas pagi hari yang justru akan meningkatkan produktivitasmu. Kurangi mengecek handphone di pagi hari agar tetap fokus dan bersemangat dalam memulai hari.

3.Olahraga
Olahraga dapat membantu meningkatkan energi, motivasi, produktivitas, stamina fisik dan mental.

Menurut jurnal Harvard Medical School, berolahraga dapat meningkatkan fungsi otak. Olahraga di pagi hari tidak harus olahraga berat. Olahraga ringan seperti jogging, jalan kaki, renang, hingga peregangan bisa dilakukan di pagi hari untuk meningkatkan produktivitas.

4.Sarapan Sehat
Sebisa mungkin jangan lewatkan sarapan. Menu sarapan pun sebaiknya pilih yang sehat dan berprotein tinggi. Ahli diet, Lisa De Fazio menyarankan untuk sarapan adalah karbohidrat berserat tinggi dan protein tanpa lemak, seperti roti multigrain, ikan dan salad.

Sarapan yang sehat dapat meningkatkan fokus dan produktivitas sepanjang hari. Sarapan yang tepat juga dapat mengatur kadar gula dalam darah dan menambah energi untuk melakukan aktivitas dalam satu hari.

5. Mulailah Hari dengan Pikiran Positif
Terdengar sepele, namun mulailah hari dengan pikiran yang positif dan semangat.Yang mengendalikan kesuksesan adalah diri sendiri. Oleh sebab itu, mulailah hari dengan harapan dan semangat untuk mengerjakan pekerjaan hari ini.

Selain itu, bisa mengendalikan pikiran sambil bermeditasi. Mulai dari mengucapkan syukur dan berdoa agar hari ini berjalan dengan lancar. Dengan begitu, pola pikir menjadi lebih produktif dan merasa lebih ringan dalam menjalani hari. (patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar