5 Manfaat Timun untuk Kesehatan yang Harus Diketahui

Manfaat timun untuk kesehatan. (Foto: Pixabay)

Sukoharjonews.com – Meskipun biasanya dianggap sayuran, mentimun sebenarnya adalah buah. Timun memiliki nutrisi yang bermanfaat, serta senyawa tanaman dan antioksidan tertentu yang dapat membantu mengobati dan bahkan mencegah beberapa kondisi.

Dilansir dari Healtline, Sabtu (17/12/2022), mentimun juga rendah kalori dan mengandung banyak air dan serat larut, menjadikannya ideal untuk meningkatkan hidrasi dan membantu penurunan berat badan. Mari kita melihat lebih dekat beberapa manfaat kesehatan utama dari makan mentimun:

1. Tinggi Nutrisi
Mentimun rendah kalori, tetapi kaya akan banyak vitamin dan mineral penting.Satu ketimun mentah seberat 11 ons (300 gram) yang belum dikupas mengandung yang berikut (1): Kalori: 45, Lemak total: 0 gram, Karbohidrat: 11 gram, Protein: 2 gram, Serat: 2 gram, Vitamin C: 14% dari RDI, Vitamin K: 62% dari RDI, Magnesium: 10% dari RDI, Kalium: 13% dari RDI, Mangan: 12% dari RDI.

2. Oksidasi
Reaksi kimia yang membentuk atom yang sangat reaktif dengan elektron tidak berpasangan yang dikenal sebagai radikal bebas.Akumulasi radikal bebas berbahaya ini dapat menyebabkan beberapa jenis penyakit kronis.

3. Meningkatkan Hidrasi
Air sangat penting untuk fungsi tubuh Anda, memainkan banyak peran penting.Itu terlibat dalam proses seperti pengaturan suhu dan pengangkutan produk limbah dan nutrisi Faktanya, hidrasi yang tepat dapat memengaruhi segalanya, mulai dari kinerja fisik hingga metabolisme.

4. Menurunkan berat badan
Ketimun berpotensi membantu Anda menurunkan berat badan dengan beberapa cara berbeda.Pertama-tama, mereka rendah kalori.Setiap porsi satu cangkir (104 gram) hanya mengandung 16 kalori, sedangkan mentimun 11 ons (300 gram) hanya mengandung 45 kalori.

5. Dapat Menurunkan Gula Darah
Beberapa penelitian pada hewan dan tabung reaksi menemukan bahwa mentimun dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan mencegah beberapa komplikasi diabetes.Satu penelitian pada hewan meneliti efek berbagai tanaman pada gula darah. Ketimun terbukti efektif mengurangi dan mengontrol kadar gula darah. (patrisia argi/mg)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar