5 Manfaat Kesehatan Timun Bagi Kecantikan

Manfaat timun bagi kecantikan. (Foto: yesdok)

Sukoharjonews.com – Mentimun, timun, ketimun, atau bonteng (Cucumis sativus L. suku labu-labuan atau Cucurbitaceae) merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya.

Dilansir dari Beautyhub, Selasa (23/1/2024), mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan. Potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembapkan wajah serta banyak dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Jangan anggap bahan perawatan kulit yang ampuh ini hanya sebagai pendukung belaka! Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat mentimun untuk kulit dan bagaimana Anda juga dapat menikmatinya di rumah.

1. Menenangkan Kulit
Ungkapan “sejuk seperti mentimun” tidak muncul begitu saja. Mentimun memiliki cangkang pelindung yang kuat di dalamnya, sehingga memberikan pendinginan ekstra pada kulit. Ini adalah bahan umum dalam produk untuk kulit sensitif karena sifat anti-inflamasinya yang membantu meredakan kemerahan akibat sengatan matahari, gigitan serangga, dan ruam. Butuh kulit Anda untuk bersantai? Berikan sedikit mentimun.

2. Meningkatkan Hidrasi
Ekstrak mentimun mengandung konsentrasi lebih tinggi yang memberikan hidrasi dan nutrisi instan pada kulit yang haus. Ini juga membantu memperkuat penghalang untuk mengunci kelembapan dan melindungi kulit Anda dari dehidrasi.

Untuk menghidrasi kulit, carilah produk yang mengandung ekstrak mentimun, seperti Dove Nourishing Hand Wash Cucumber dan Green Tea . Diperkaya dengan ¼ krim pelembab khas Dove untuk menutrisi tangan Anda hingga 10 lapis, menjadikannya terasa lembut, halus, dan terawat meski sering mencuci tangan.

3. Mengurangi Bengkak
Mentimun kaya akan asam folat, bahan aktif yang dapat membantu melawan racun lingkungan yang menyebabkan bengkak di sekitar mata Anda. Inilah yang dibutuhkan mata Anda saat lelah dan bengkak akibat menangis. Ingin menjadi bintang film Anda sendiri? Kenakan jubah mandi termewah Anda, bersandar, kenakan irisan mentimun, dan biarkan mata Anda menikmati semua kebaikannya.

4. Membantu Mengatasi Jerawat
Mengatasi jerawat adalah salah satu manfaat mentimun yang paling diremehkan untuk kulit. Ekstrak mentimun dapat membantu meredakan iritasi dan meredakan kambuhnya penyakit. Ia juga memiliki sifat astringen ringan yang membantu menghaluskan pori-pori, mengatur produksi minyak, dan meningkatkan kejernihan kulit. Ingin menghilangkan jerawat Anda? Bicaralah dengan dokter kulit Anda tentang rutinitas perawatan kulit yang mengandung mentimun.

5. Anti Penuaan
Mentimun mengandung antioksidan yang bertanggung jawab atas polusi, dan faktor lingkungan berbahaya lainnya. Kandungannya yang tinggi dapat membantu memperlancar pertumbuhan sel dan mencerahkan kulit yang tidak rata.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar