5 Makanan yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Makanan yang harus dihindari saat berbuka. (Foto: astronouts)

Sukoharjonews.com – Saat berbuka puasa, sebaiknya jangan makan sembarangan dalam porsi besar. Buka puasa bukanlah acara “balas dendam” karena tidak makan dan minum selama hampir 12 jam. Sebaiknya, saat perut dalam keadaan kosong, Moms dan Dads harus memerhatikan asupan yang masuk demi kelancaran puasa esok hari. Untuk itu, Moms perlu mengetahui makanan apa saja yang sebaiknya dihindari saat berbuka puasa.

Dilansir dari makuku, Senin(18/3/2024), makanan sehat yang dianjurkan untuk dijadikan menu berbuka antara lain makanan lunak yang mudah dicerna dan bergizi seimbang. Misalnya saja makanan yang mengandung serat, protein, karbohidrat kompleks dan nutrisi lainnya. Namun sayangnya masih banyak orang yang lalai dalam memilih makanan untuk berbuka puasa.

Makanan yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa
Biasanya makanan yang tidak sehat dan terlarang dipilih untuk berbuka puasa. Kebiasaan ini sebaiknya dihentikan untuk mencegah masalah kesehatan di kemudian hari ya, Moms. Berikut daftar makanan yang sebaiknya dihindari saat berbuka puasa:

1. Makanan yang digoreng
Gorengan memang sangat menggiurkan untuk berbuka puasa. Namun sayangnya, makanan berminyak seperti gorengan, kentang goreng dan lainnya sebaiknya dihindari. Pasalnya, gorengan mengandung lemak jenuh yang tinggi sehingga dapat meningkatkan produksi asam lambung dan rasa kenyang pada perut. Hal ini dapat meningkatkan risiko gangguan pencernaan.

Selain itu, alasan lain mengapa gorengan sebaiknya dikurangi saat berbuka adalah karena kandungan lemak pada gorengan akan disimpan di dalam tubuh dan menumpuk sebagai jaringan lemak yang bisa membuat berat badan melonjak.

2. Makanan pedas
Bagi pecinta makanan pedas, Ramadhan kali ini juga merupakan waktu yang tepat untuk “berpuasa” dari makanan pedas. Makanan pedas sebaiknya dihindari saat berbuka karena dapat membuat perut kosong menjadi tidak nyaman dan meningkatkan asam lambung.

Makanan pedas juga dapat melukai lambung dan usus serta memicu gangguan kesehatan lainnya jika dikonsumsi saat berbuka seperti gangguan pencernaan, diare, dan nyeri ulu hati. Jadi, selama berpuasa, hindari makanan pedas saat berbuka dan sahur.

3. Makanan berlemak
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, makanan tinggi lemak dan lemak trans seperti gorengan sebaiknya dihindari saat berbuka puasa. Kedua jenis lemak tersebut dapat meningkatkan kolesterol dan sulit dicerna tubuh.

Makanan tinggi lemak juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan membuat Anda merasa tidak nyaman. Sebaliknya, pilihlah metode pengolahan makanan yang lebih sehat seperti merebus, mengukus, atau memanggang.

4. Makanan yang terlalu asin
Makanan asin dan gurih memang menggugah selera. Namun terlalu banyak mengonsumsi makanan asin saat berbuka bisa memicu Anda makan lebih banyak dan merangsang rasa haus yang berlebihan. Itu sebabnya makanan asin yang tinggi garam bisa meningkatkan risiko dehidrasi.

Masalah kesehatan lain yang dipicu oleh makanan asin adalah peningkatan tekanan darah, gangguan pencernaan, penyakit jantung, dan memberikan tekanan tambahan pada ginjal yang bekerja lebih keras dari biasanya.

5. Makanan manis
Makanan lain yang harus dihindari saat berbuka puasa adalah makanan dan minuman manis. Hindari makanan dengan kandungan gula tinggi seperti donat, makanan dengan pemanis buatan dan minuman manis kalengan.

Selain meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh, konsumsi makanan manis berlebihan saat Ramadhan bisa menyebabkan penambahan berat badan. Jika ingin mengonsumsi makanan manis, Anda bisa beralih ke buah-buahan segar, sayur mayur, air kelapa, atau jus buah tanpa tambahan gula.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar